Bali Siap Memanfaatkan Konferensi AIS Forum 2023 untuk Meningkatkan Pariwisata dan Hunian Hotel

Jakarta – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mengungkapkan keyakinannya bahwa penyelenggaraan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Archipelagic and Island States (AIS) Forum 2023 di Bali pada tanggal 10-11 Oktober 2023 akan memberikan dorongan positif yang signifikan bagi sektor pariwisata di Bali. Senin, 9 Oktober 2023.

Menparekraf Sandiaga Uno menjelaskan, “Saya yakin bahwa kehadiran Archipelagic and Island States Forum di Bali minggu ini akan menjadi sebuah angin segar bagi pariwisata dan tingkat hunian hotel di Bali.”

Penyelenggaraan KTT ASEAN ke-43 yang berlangsung di Jakarta pada 5-7 September 2023 juga telah memberikan dampak positif bagi sektor pariwisata. Menparekraf mengungkapkan, “Hasil analisis terbaru menunjukkan bahwa ASEAN telah memberikan dampak ekonomi yang cukup signifikan bagi Jakarta, terutama dari sisi tingkat hunian hotel.”

Menparekraf juga menegaskan komitmen pemerintah untuk mempersiapkan penyelenggaraan acara besar di Indonesia, seperti MotoGP Mandalika 2023 dan Piala Dunia Sepakbola FIFA U-17. Dia telah memberikan instruksi kepada semua pihak terkait, termasuk pemerintah daerah, pemerintah provinsi, dan para pelaku industri pariwisata, untuk memastikan persiapan yang maksimal.

Tidak hanya fokus pada acara internasional, Sandiaga Uno juga menyatakan niatnya untuk mengembangkan berbagai acara yang dapat mendukung pariwisata lokal. Dia berharap agar pertumbuhan wisatawan mancanegara dan domestik dapat seimbang, dan untuk mencapai hal ini, penting untuk mendukung acara-acara berkualitas di tingkat daerah dan regional.

Dalam konteks persiapan MotoGP Mandalika 2023, yang dijadwalkan berlangsung pada 13-15 Oktober di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB), Menparekraf mengonfirmasi bahwa semua persiapan, termasuk dukungan promosi pariwisata mancanegara, telah hampir rampung.

“Kami telah memeriksa kesiapan akomodasi, termasuk 16 ribu kamar hotel dan homestay di desa-desa wisata sekitar Mandalika, serta villa-villa yang sudah siap. Semua persiapan berjalan sesuai rencana,” kata Sandiaga Uno.

Dia berharap bahwa MotoGP yang akan diselenggarakan di Sirkuit Internasional Pertamina Mandalika ini akan menarik banyak perhatian, terutama karena ketegangan persaingan di puncak klasemen. “Kami berharap acara ini akan menjadi balapan yang menarik dengan partisipasi penonton yang antusias dan jumlah pengunjung yang melebihi target,” tambahnya.[]

Komentar