Wisata Kuliner Seru di Kawasan JEC Yogya

Yogyakarta – Penggemar kuliner khas Yogyakarta dapat merasakan pengalaman unik di Ngangkring Art Fest, yang berlangsung dari 22 hingga 24 September 2023 di area parkir barat Jogja Expo Center (JEC). Acara ini menampilkan lebih dari 50 gerobak angkringan dengan berbagai jajanan khas yang terjangkau, menggoda selera masyarakat. Sabtu, 23 September 2023.

Dalam festival yang pertama kali digelar ini, pengunjung dapat menikmati berbagai aksi seni, mulai dari seni mural hingga konser dari berbagai band yang berbeda setiap harinya. “Jajanan di sini kami batasi tak boleh lebih dari Rp 20 ribu, jadi memang seperti angkringan di pinggir jalan yang biasa ada di Yogyakarta,” kata Ketua Panitia Ngangkring Art Fest, Nano Warsono.

Salah satu hal yang membuat acara ini istimewa adalah variasi menu yang ditawarkan oleh angkringan. Beberapa di antaranya menjual minuman kekinian seperti mango float, sementara yang lain membawa mesin pembuat kopi modern. Namun, ciri khas angkringan tetap terjaga dengan tiga ceret air dan sego kucing (nasi bungkusan dengan porsi kecil) dengan berbagai lauk. “Jadi mau model jajanannya modern atau seperti umumnya bebas, tapi ciri utama angkringan itu tidak boleh hilang,” jelas Nano.

Peminat acara ini begitu besar hingga panitia terpaksa melakukan seleksi ketat. Peserta yang diprioritaskan adalah pedagang angkringan yang sudah lama berkecimpung dalam profesi ini, untuk mendukung konsep ketahanan pangan dan ekonomi masyarakat kecil.

Hen Rusli, salah satu panitia, menjelaskan bahwa acara ini lahir dari keberadaan angkringan yang telah menjadi bagian budaya hidup masyarakat Yogyakarta. Selain memberikan pengalaman kuliner yang lezat, angkringan juga memberikan dampak ekonomi pada masyarakat. “Kami berharap kultur seperti angkringan ini bisa lebih diperhatikan, diberikan ruang berkembang,” katanya.

Selain berbagai jajanan, festival ini juga menawarkan beragam kegiatan menarik, seperti lomba mural tenda angkringan, Festival Minum Teh dengan 500 gelas setiap harinya, serta Battle Ciak 5 ribu Nasi Kucing. Ada juga kostum terunik pengangkring dan berbagai game menarik untuk pengunjung. Untuk hiburan, ada penampilan panggung dari berbagai band, termasuk Gedruk Tolak Bala Nitiprayan, Ritus Tetabuhan Ft. Bonita, DubYouth, Sinten Remen, Bravesboy, Iksan Skuter, Partikelir, dan Shaggydog.

 

tempo

Komentar