BCA Life Menutup Dana Pensiun dengan Restrukturisasi Strategis

Jakarta – Perusahaan asuransi ternama, PT Asuransi Jiwa BCA (BCA Life), mengumumkan langkah strategisnya untuk menutup Dana Pensiun Lembaga Keuangan BCA Life. Keputusan ini telah mendapatkan persetujuan dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) melalui surat keputusan KEP-59/D.05/2023 yang dikeluarkan oleh OJK. Penutupan ini akan efektif mulai tanggal 30 Juni 2023.

Penutupan Dana Pensiun ini dilakukan atas permohonan dari Pendiri Dana Pensiun Lembaga Keuangan BCA Life, yang juga merupakan Direksi PT Asuransi Jiwa BCA. Alasannya sangat jelas: PT Asuransi Jiwa BCA ingin lebih fokus pada bisnis asuransi jiwa.

“Dengan alasan bahwa PT Asuransi Jiwa BCA selaku Pendiri Dana Pensiun Lembaga Keuangan BCA Life akan fokus pada bisnis di bidang Asuransi Jiwa,” demikian tertulis dalam surat pengumuman ini, dikutip dari CNBC Indonesia, Kamis, 14 September 2023.

Setelah penutupan ini, BCA Life telah membentuk Tim Likuidasi Dana Pensiun yang akan dipimpin oleh Tony, dengan Cindi sebagai anggota tim. Tim Likuidasi ini beroperasi dari Chase Plaza Lantai 22 di Jakarta dan bertugas untuk melaksanakan proses likuidasi sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan dalam Peraturan Otoritas Jasa Keuangan Nomor 9/POJK.05/2014 tentang Pembubaran dan Likuidasi Dana Pensiun.

OJK juga memberikan jaminan kepada Peserta Dana Pensiun Lembaga Keuangan BCA Life bahwa dana mereka akan tetap aman. Dana peserta akan dialihkan ke Dana Pensiun Lembaga Keuangan yang sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

 

CNBC Indonesia

 

Komentar