Tangkapan Nelayan Melimpah, Harga Ikan di TPI Lampulo Terjun Bebas

Banda Aceh – Pasca Lebaran, harga ikan di lokasi Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Lampulo, Banda Aceh terjun bebas alias murah.

Seorang toke bangku ikan di kawasan tersebut, Jalaluddin menjelaskan hal ini terjadi karena hasil tangkapan nelayan membludak alias melimpah drastis.

“Penurunan harga yang cukup tinggi ini terjadi untuk seluruh jenis ikan yang ada di pasaran, yang rata rata dijual dengan harga Rp 5 ribu/kg,” ungkapnya, Sabtu (27/4/2024).

Diketahui, ikan tongkol yang biasa dijual dengan harga Rp 15 – 17 ribu/kg, turun menjadi Rp 3 – 5 ribu/kg. Kemudian ikan dencis dijual dengan harga Rp 5 Ribu/kg dari harga sebelumnya Rp 20 ribu/kg.

“Selanjutnya ikan cakalang hanya Rp13 ribu sampai Rp15 ribu per kilogramnya,” tambah Jalaluddin.

Sementara itu, kata Jalaluddin meskipun harga ikan saat ini tergolong sangat murah, namun daya beli masyarakat masih terhitung lemah.

“Daya beli masyarakat kurang mungkin  masalah keuangan lemah. Ya jangankan pembeli, kita pedagang juga sedang sulit-sulitnya,” katanya.

Untuk hasil tangkapan, Jalaluddin menyebutkan, dalam 20 hari melaut pihaknya bisa mendapatkan hasil 20 hingga 30 ton.

“Namun karena harga turun drastis sekarang juga berimbas ke kita, ya istilahnya tidak balik modal, sekali melaut dengan hasil tangkapan,” tutup Jalaluddin.(WA)

Komentar