Bank Indonesia Gelar Festival Rupiah Berdaulat Indonesia

Ayo Tukarkan Uang Koin Logam Anda

Jakarta – Bank Indonesia (BI) mengajak masyarakat untuk berpartisipasi dalam Festival Rupiah Berdaulat Indonesia (FERBI) yang diadakan mulai hari ini hingga Minggu, 20 Agustus 2023 di Istora Senayan, Jakarta Pusat. Acara tersebut menawarkan kesempatan bagi masyarakat untuk menukarkan uang koin logam yang tidak terpakai dengan berbagai kegiatan menarik. Jum’at, 18 Agustus 2023.

Dalam acara pembukaan FERBI, Kepala Departemen Pengelolaan Uang BI, Marlison Hakim, mengungkapkan bahwa penukaran uang koin logam menjadi salah satu fokus utama festival ini. Setiap masyarakat yang menukarkan minimal 20 ribu logam akan menerima satu kupon, yang nantinya dapat diikutsertakan dalam undian berhadiah pada hari terakhir festival. “Kan kita logam di rumah banyak ya,” ujar Marlison, dengan senyuman. “Acara ini bukan hanya mengajak masyarakat untuk berpartisipasi dalam kegiatan ekonomi, tetapi juga memberikan wawasan tentang pentingnya mata uang dalam kehidupan sehari-hari.”

Selama tiga hari berlangsungnya FERBI, masyarakat memiliki kesempatan untuk menukarkan uang koin logam yang selama ini mungkin terabaikan. Dengan menarik minat masyarakat, Bank Indonesia berharap festival ini dapat membantu merapikan arus uang koin logam di masyarakat serta memberikan edukasi tentang nilai sejarah mata uang rupiah.

Tidak hanya penukaran uang koin, festival ini juga menawarkan berbagai acara menarik, termasuk pameran sejarah mata uang rupiah dan mata uang kuno, serta talkshow yang akan mengupas lebih dalam mengenai perkembangan mata uang dan peran Bank Indonesia dalam mengelola mata uang nasional.

“FERBI adalah wujud dari komitmen Bank Indonesia untuk terus memberdayakan masyarakat dalam hal pemahaman tentang mata uang dan ekonomi,” ungkap juru bicara Bank Indonesia. “Kami berharap festival ini tidak hanya menjadi ajang penukaran uang, tetapi juga menjadi ajang edukasi dan hiburan bagi masyarakat Indonesia.”

Dengan antusiasme yang terlihat dari banyaknya pengunjung yang berduyun-duyun hadir pada hari pertama FERBI, festival ini diharapkan dapat menciptakan dampak positif dalam meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap pentingnya mata uang dalam ekonomi sehari-hari serta memberikan semangat baru dalam merawat mata uang Indonesia.

Bagi Anda yang ingin berpartisipasi, Festival Rupiah Berdaulat Indonesia masih berlangsung hingga Minggu, 20 Agustus 2023, dengan waktu operasional dari pukul 09.00 hingga 17.00 WIB di Istora Senayan, Jakarta Pusat.

 

Sumber : TEMPO

Komentar