Presiden Jokowi Dukung Investasi RRT di Indonesia

Targetkan Posisi Teratas dalam FDI

CHINA – Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, menyampaikan apresiasi tinggi terhadap para pengusaha Republik Rakyat Tiongkok (RRT) atas investasi dan kontribusi mereka dalam pembangunan Indonesia. Dalam Forum Bisnis Indonesia-Republik Rakyat Tiongkok yang digelar di China World Hotel, Beijing, pada Senin, Presiden Jokowi memuji kecepatan dan ketepatan investasi para pengusaha RRT di Indonesia, menggambarkannya sebagai gerakan cepat seperti Bruce Lee dengan wing chun-nya.

“Pada tahun 2013, RRT berada di peringkat 12 sebagai kontributor investasi langsung asing (FDI) di Indonesia. Namun, pada tahun 2022, mereka meraih peringkat kedua,” ujar Presiden Jokowi. Senin, 16 Oktober 2023.

Presiden Jokowi yakin bahwa investasi RRT di Indonesia akan terus meningkat dan bahkan bisa mencapai peringkat pertama dalam satu-dua tahun ke depan. Ini didasarkan pada fokus Indonesia dalam melakukan hilirisasi industri, termasuk komoditas seperti nikel, tembaga, dan timah. Indonesia juga sedang membangun ekosistem kendaraan listrik terintegrasi untuk menjadi bagian penting dari rantai pasok dunia.

“Indonesia memiliki potensi besar dalam energi terbarukan, dengan hingga 3.600 gigawatt yang dapat dimanfaatkan, terutama melalui tenaga surya dan energi hidro,” tambah Presiden.

Indonesia juga sedang membangun Ibu Kota Nusantara sebagai kota hijau dengan 60% luasannya berupa hutan, menjadikannya kota netral karbon pertama di Indonesia. Presiden Jokowi mengumumkan bahwa pembangunan infrastruktur dasar dan pusat pemerintahan diperkirakan akan selesai tahun depan, dengan sejumlah investor domestik dan internasional yang siap untuk berinvestasi sebesar USD2 miliar.

Presiden Jokowi mengajak para investor untuk menanamkan investasinya di Indonesia karena berbagai indikator ekonomi menunjukkan capaian positif, seperti pertumbuhan ekonomi di atas 5%, neraca dagang surplus 41 bulan berturut-turut, serta stabilitas sosial politik yang selalu terjaga.

“Insentif-insentif sudah kami persiapkan, dan jangan khawatir mengenai pemilu 2024, karena Indonesia sudah berpengalaman dalam pemilihan umum langsung,” tutup Presiden Jokowi.

Dalam kunjungannya ke RRT, Presiden Jokowi juga menjadwalkan sejumlah pertemuan bilateral dengan pemimpin RRT, Sri Lanka, dan melakukan kunjungan ke Tiananmen Square untuk meletakkan karangan bunga di Monumen Pahlawan Rakyat. Presiden Jokowi dan Ibu Iriana juga akan menghadiri acara jamuan makan malam di Konferensi Tingkat Tinggi Belt and Road Forum (BRF) for International Cooperation.[]

Komentar