Penjualan Daihatsu di Tahun 2023 Meningkat 6,2 Persen

JAKARTA – Daihatsu, salah satu pemain utama dalam industri otomotif Indonesia, telah mencatat pencapaian yang mengesankan dalam penjualan mobilnya selama tiga kuartal pertama tahun ini. Menurut data yang dirilis, Daihatsu berhasil menjual sebanyak 149 ribu unit mobil, menandai peningkatan sebesar 6,2% dibandingkan periode yang sama tahun lalu, yang mencapai sekitar 140 ribu unit.

Prestasi cemerlang ini membuktikan bahwa Daihatsu masih memiliki tempat yang kuat di hati masyarakat Indonesia. Kontribusi penjualan ritel Daihatsu terhadap pangsa pasar ritel otomotif nasional diperkirakan mencapai 20,1%, menegaskan posisinya sebagai pemain kunci dalam industri otomotif Indonesia.

Tri Mulyono, Marketing & Customer Relations Division Head PT Astra International Daihatsu Sales Operation, mengomentari pencapaian ini dengan gembira, “Penerimaan dan kepercayaan masyarakat terhadap kendaraan Daihatsu selama periode 9 bulan pertama tahun 2023 ini menunjukkan tren yang baik, terlihat dari peningkatan penjualan kendaraan Daihatsu yang mengalami peningkatan sebesar 6,2% dibandingkan dengan tahun 2022. Kami berharap seiring dengan perkembangan pasar otomotif Indonesia, Daihatsu juga semakin dapat memberikan penawaran dan layanan terbaik kepada calon pembeli ataupun kepada pelanggan Daihatsu.”

Namun, yang lebih mengejutkan adalah fakta bahwa mobil paling laku Daihatsu bukanlah kembaran Toyota Avanza, yakni Daihatsu Xenia. Meskipun keduanya lahir bersamaan dan telah hadir di jalanan Indonesia selama hampir dua dekade, Daihatsu Xenia bukan yang menjadi penopang utama penjualan Daihatsu selama 9 bulan pertama tahun 2023.

Secara volume dan kontribusi model, penjualan ritel Daihatsu selama periode tersebut tetap didominasi oleh tiga model unggulan, yakni Sigra dengan 48.128 unit yang berkontribusi sekitar 32,2%, disusul oleh Gran Max PU (Pick Up) dengan 32.874 unit (22%), dan Terios dengan 19.670 unit (13,1%).

Xenia, meskipun ikonik, berada di peringkat kelima, di bawah penjualan Ayla. Daihatsu Ayla, mobil Low Cost Green Car (LCGC), berhasil terjual sebanyak 17.563 unit, mendapatkan pangsa pasar sebesar 11,7%. Sementara Xenia terjual sebanyak 14.399 unit, dengan market share sekitar 9,6%.

Di bawahnya, masih ada Gran Max yang terjual sebanyak 9.304 unit, memegang market share sekitar 6,2%. Lalu ada Roocky dengan penjualan 5.033 unit (3,4%) serta Luxio & Sirion dengan 2.654 unit, yang menguasai 1,8% pangsa pasar.[]

 

cnbc indonesia

Komentar