Kelompok Bersenjata Diduga Bakar Perumahan Tenaga Kesehatan di RSUD Ilaga, Papua Tengah

Papua Tengah – Kepala Bidang Humas Polda Papua, Komisaris Besar Ignatius Benny Ady Prabowo, mengungkapkan bahwa Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) Puncak yang dipimpin oleh Titus Murib diduga sebagai pelaku pembakaran perumahan tenaga kesehatan di kompleks RSUD Ilaga, Distrik Ilaga, Kabupaten Puncak, Provinsi Papua Tengah.

Benny menjelaskan bahwa Polda Puncak tengah mendalami kasus tragis ini, yang terjadi pada Senin, 11 September 2023, sekitar pukul 12.47 WIT.

“Peristiwa ini dimulai ketika asap hitam mulai menjulang dari arah RSUD Ilaga, terlihat dari Pasar Tradisional Ilaga pada pukul 12.47 WIT. Tim gabungan TNI/Polri segera merespons dengan melakukan pemantauan dari kejauhan,” ujar Benny dalam keterangan resmi pada Kamis, 14 September 2023.

Menurut Benny, hasil pemantauan yang dilakukan pada pukul 12.56 WIT mengindikasikan bahwa salah satu bangunan di kompleks RSUD Ilaga, yakni perumahan tenaga kesehatan, telah terbakar. Tim gabungan TNI-Polri yang dipimpin oleh Letnan Kolonel Infanteri Afri Swandi Ritonga segera bergerak menuju lokasi kejadian menggunakan kendaraan.

Benny melanjutkan, personel yang tiba di tempat kejadian pada pukul 13.03 WIT melihat dua orang yang diduga sebagai anggota KKB Puncak berusaha melarikan diri dari RSUD Ilaga menuju Bukit Teletubies ke Kampung Eromaga.

“Namun, upaya pengejaran oleh aparat keamanan belum membuahkan hasil,” tambah Benny.

Akibat kebakaran ini, empat bangunan perumahan tenaga kesehatan RSUD Ilaga mengalami kerusakan parah, dengan perkiraan kerugian mencapai Rp 1 miliar.

“Kejadian ini menggambarkan eksistensi Kelompok KKB Puncak yang masih terus melakukan tindakan kekerasan dan teror terhadap aparat keamanan, pemerintah, dan masyarakat Kabupaten Puncak,” tegas Benny.

Ia menegaskan bahwa aparat keamanan akan melakukan pendalaman terhadap kasus pembakaran bangunan RSUD Ilaga guna mengungkap pelaku serta mengambil langkah-langkah lebih lanjut. Dalam upaya menjaga kondusifitas, aparat gabungan juga akan melaksanakan patroli rutin di sekitar kota Ilaga.

 

TEMPO

Komentar