Guna Cegah Stunting, Mahasiswa KKN PPM Kelompok 8 Bekerjasama dengan Puskesmas Nisam Lakukan Kegiatan POSYANDU Balita di Desa Cot Euntung

Seputaraceh| Cot Euntung – Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Kelompok 8 Universitas Malikussaleh melakukan kegiatan POSYANDU (Pos Pelayanan Terpadu) untuk balita-balita di Desa Cot Euntung,  Jum’at, 09/06/2023.

Ketua dari Kelompok KKN 08, Ridwan Barayun menyebutkan bahwa kegiatan ini merupakan bentuk usaha meningkatkan taraf kesehatan balita di desa Cot Euntung. Demi mencegah stunting pada balita diperlukan pengontrolan pertumbuhan balita. Oleh karena itu diperlukannya pengecekan pertumbuhan balita secara berkala guna mengontrol tumbuh kembang anak sejak usia dini.

Kegiatan POSYANDU ini merupakan kegiatan yang sangat penting untuk dilakukan sebagai bentuk pengabdian mahasiswa KKN terhadap taraf kesehatan anak-anak desa.

Kegiatan POSYANDU Balita ini dilakukan oleh mahasiswa KKN kelompok 8 bekerjasama dengan bidan-bidan Puskesmas Nisam yang didatangkan ke desa.

Dalam pelaksanaannya, kegiatan ini meliputi pendaftaran, pengukuran berat badan, pengukuran tinggi badan, pengukuran lingkar lengan atas, dan pengukuran lingkar kepala oleh seluruh anggota Kelompok 08 KKN dibantu dengan bidan-bidan yang didatangkan ke desa. Dimana dalam kegiatan ini dihadiri oleh lebih dari 30 Balita dari Desa Cot Euntung.

Yara Andita Anastasya, S.Psi., M.Psi, Psikolog, Selaku Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) Kelompok 8 berkata bahwa kegiatan ini merupakan bentuk kepedulian mahasiswa KKN kelompok 8 terhadap isu kesehatan pada anak khususnya stunting. Beliau juga berharap agar kegiatan ini dapat menjadi bentuk pencegahan yang nyata terhadap stunting yang dapat menyerang anak-anak di desa Cot Euntung.

Komentar