Kunjungan Kapolda Aceh ke Polres Gayo Lues, Tradisi dan Kehangatan Penerimaan dengan Tradisi Gayo Lues

BLANGKEJEREN, Aceh – Kapolda Aceh Irjen Pol Achmad Kartiko SIK MH melakukan kunjungan ke Polres Gayo Lues di Blang Sre, Buntul Nege, Aceh, pada Kamis 22/2024.

Kedatangan Kapolda bersama Irwasda dan pejabat utama Polda Aceh disambut oleh Pj Bupati Drs Alhudri, Ketua DPRK Ali Husin, Kajari Ismail Fahmi SH, Dandim 0113 Letkol Czi Yandri Satria, Kapolres AKBP Setiyawan Eko Prasetiya, Wakapolres Kompol Edi Yaksa, serta jajaran Polres lainnya. Turut hadir juga beberapa tokoh masyarakat, termasuk mantan Wakil Bupati H Said Sani.

Di depan Gerbang Mapolres, Kapolda menerima laporan dari Kapolres sebelum disambut dengan tarian didong alo saat menuju gedung Mapolres. Kemudian, Kapolda beserta Ketua Bhayangkari Polda Aceh Nyonya Maharani Wisnurizma Achmad Kartiko, menjalani prosesi peseujuk (tepung tawar) yang dilakukan oleh dua wanita setengah baya, merupakan bagian dari tradisi penyambutan tamu di Gayo Lues.

Setelah melaksanakan tepung tawar, Kapolda dan Istri Pj Bupati Gayo Lues disambut dengan ucapan selamat datang oleh Pj Bupati di Kabupaten Gayo Lues, yang dikenal sebagai negeri seribu bukit. Mereka juga menerima souvenir berupa pedang remu, simbol kekhasan dan tradisi setempat. Ketua DPRK Ali Husin memasangkan Bulang, penutup kepala tradisional masyarakat Gayo Lues.

Selanjutnya, Kapolda beserta rombongan, termasuk Irwasda, Dirintel, Dirintel Kabidtik, dan Dirkrimum, meninjau ruangan di Mapolres serta berbincang dengan pejabat dan tokoh masyarakat di sana.

Sebelum kunjungan ke Mapolres Gayo Lues, Kapolda dan rombongan melakukan perjalanan darat dari Aceh Tengah.[Arj]

Komentar