Warga Amankan Ular Sanca Berbobot 18 Kilogram

Seputaraceh.id — Seorang warga mengamankan seekor ular phyton atau sanca di Desa Blang, Kecamatan Lhoksukon, Kabupaten Aceh Utara, Rabu (16/06/2021) pagi. Ular itu berukuran panjang 5 meter dengan bobot 18 kilogram.

Hewan satwa liar itu diamankan Muhammad Yunus (47), saat dirinya mendatangi kediaman mertua di Desa Blang. Namun ia melihat hewan melata tersebut sedang tersangkut di pagar jaring, lalu ia mencoba untuk menyelamatkannya dengan hanya seorang diri.

Baca : Asisten Mahout CRU Cot Girek Diserang Gajah Liar, Begini Kondisinya

“Ularnya tersangkut di jaring, tidak menutupkemungkinan ular tersebut hendak memangsa itik yang ada di dalam kandang. Karena jaring pagar itu digunakan sebagai pagar kandang ternak,” ujar Muhammad Yunus.

Iapun kemudian menyelamatkan ular Phyton itu dan memasukkannya kedalam karung. Setelah itu ia memberitahukan warga lainnya sembari berkoordinasi dengan pihak Konservasi untuk diserahkan agar bisa dipindahkan ke tempat lain yang jauh dari pemukiman.

Dikatakan, ular itu mencoba memangsa ternak mengingat lokasinya yang tak jauh dengan rawa-rawa dan sedang ada pembersihan lahan. “Selama ini memang belum ada ternak yang hilang dimangsa hewan seperti ular, kemungkinan ular ini muncul karena mencari umpan,” imbuhnya.

Sementara itu Chairul Sya’ban, Jurnalis yang selama ini aktif dengan konservasi, menuturkan, dirinya sudah melaporkan temuan ular Phyton kepada pihak konservasi dalam hal ini Resort 11 KSDA Aceh Utara. Untuk selanjutnya menunggu pelepasan kembali ke habitat yang aman dan cocok bagi ular tersebut.

“Ularnya sudah saya amankan, dan menunggu pihak Konservasi. Paling tidak besok dilakukan rilis pelepasan kembali ke alam liar yang cocok bagi hewan melata tersebut. Phyton jantan ini saya lihat cenderung agresif, karena memang sedang mencari mangsa,” jelas Chairul. []

Editor: Jamaluddin Idris

Komentar