Tumbuhkan Jiwa kewirausahaan masyarakat, mahasiswa KKN STIE Lhokseumawe jadikan Inovasi Olahan Bunga Telang sebagai ide jualan

LHOKSEUMAWE – Mahasiswa KKN STIE Lhokseumawe dibawah supervisi Maryana, S.E, M.Si, Ak melakukan satu kegiatan pengabdian masyarakat sebagai upaya menumbuhkan jiwa kewirausahaan masyarakat Gampong Baroh Blang Rimueng Kecamatan Syamtalira Bayu, Kabupaten Aceh Utara, Sabtu, 22 Juli 2023.

Para mahasiswa/i yang bergabung dalam kelompok 5 mencoba melakukan inovasi dalam mengolah bunga telang sebagai ide jualan yang ekonomis. 

Dalam sambutannya Nabila Tuljannah, salah satu peserta KKN mengatakan ide ini muncul karena tumbuhan bunga telang dapat tumbuh dengan mudah. Masyarakat khususnya di gampong dapat memanfaatkan pekarangan rumah atau lahan yang kosong untuk menanami tumbuhan telang ini.

Nabila menambahkan, untuk menghasilkan makanan atau minuman dari bunga telang warga tidak perlu mengeluarkan biaya yang besar karena sebagian bahan pelengkap lainnya juga terdapat di pekaragan rumah, seperti jeruk nipis.

Maryana, S.E, M.Si, Ak yang juga sebagai pemateri menyampaikan, bunga telang selain digunakan sebagai pewarna alami makanan juga dapat digunakan sebagai minuman segar yang memiliki nilai jual yang tinggi dan biaya yang rendah.

Pada saat pelaksanaan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat tim Pengmas melakukan praktik mengolah aneka puding bunga telang dan minuman segar.

“Dengan kegiatan ini harapan kami warga untuk dapat memanfaatkan telang  yang ada di lingkungannya sebagai salah satu sumber pendapatan, misalnya menbuat minuman segar kemudian menitipkan penjualannya di warung-warung yang ada disekitarnya,” harap Maryana

Komentar