Shadow

Layanan Air PDAM Mati sudah Dua hari, Warga Darul Imarah Beli Air Galon untuk Mandi dan Mencuci


Banda Aceh – Warga Gampong Lampeuneurut hingga Gampong Lamtheun dan beberapa daerah lain di wilayah Kecamatan Darul Imarah, Kabupaten Aceh Besar, Aceh sudah dua hari belakangan kesulitan air bersih. Air bersih dari PDAM Tirta Mountala tidak mengalir sama sekali ke rumah-rumah warga.

Kekeringan air terjadi di Kecamatan Darul Imarah terjadi sejak Minggu (23/5/2022) hingga Senin, (24/5/2022). Air berhenti mengalir dari keran PDAM Tirta Mountala, meskipun warga sudah menggunakan mesin air untuk membantu air mengalir ke dalam rumah.

Sejumlah warga disana terlihat memadati depot pengisian air isi ulang untuk membeli air guna memenuhi kebutuhannya seperti mandi, mencuci hingga untuk makan dan minum. Sejak pagi, warga disana terlihat sudah mondar-mandir ke depot pengisian air isi ulang untuk membeli air.

“Sudah beberapa kali terjadi seperti ini, biasanya itu terjadi akibat sumber mata air di Mata Ie, Kecamatan Montasik kekeringan, jadi tidak bisa diolah PDAM menjadi air bersih,” kata Zulkifli, warga Gampong Lamtheun, Darul Imarah.

Zul mengatakan seharusnya PDAM Tirta Mountala mengambil kebijakan baru dengan mencari sumber mata air baru selain dari Mata Ie, karena jumlah penduduk disana sudah mulai bertambah.

Padahal, di beberapa daerah lain terdekat dari Kecamatan Darul Imarah, air bersih yang mengalir ke rumah warga lancar tanpa hambatan. Salah satunya, daerah pemukiman di Lambaro Samahani, Kecamatan Kuta Malaka, Aceh Besar, Aceh yang hingga kini mengalir deras tanpa hambatan.

Meski sama-sama dilayani PDAM Tirta Mountala, namun sumber air di kawasan Samahani berbeda dengan Kecamatan Darul Imarah. “Air disini normal tidak pernah macet dan selalu lancar,” ungkap Mansyur.

Hingga kini belum ada upaya penanganan dari PDAM Tirta Mountala untuk mengatasi kesulitan air bersih di Darul Imarah. PDAM Tirta Mountala juga belum memberikan pernyataan resmi terkait masalah ini.

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x