Untuk Meningkatkan Kualitas, Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK) Mengikuti Bimtek

Banda Aceh – Dinas Sosial Provinsi Aceh mengadakan Bimtek Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK) Tahun 2022, Kegiatan ini dilaksanakan mulai dari Tgl 20 – 26 Juni 2022 di Grend Permata Hati jln Sultan Iskandar Muda Kecamatan Meuraxa Banda Aceh. Rabu (22/06/2022)

Disampaikan Misra Yana, S.Psi, M.Si Selaku Koordinator TKSK Provinsi Aceh. “Acara Bimtek ini diikuti 23 Kabupaten/Kota se-Provinsi Aceh yang dilaksanakan dua Sesi pertemuan, satu sesi dimulai dari Tgl 20 – 22 Juni dengan jumlah peserta 50 TKSK dan Sesi pertemuan kedua dimulai dari Tgl 24 – 26 Juni mendatang dengan jumlah 50 Peserta”.

“Untuk peserta Bimtek TKSK diambil dari TKSK yang baru lulus di bulan Maret 2022 dan ada juga dari TKSK lama,” Sambung Misra

Acara Bimtek TKSK 2022 ini langsung dibuka oleh Kepala Dinas Sosial Aceh Dr. Yusrizal, M.Si pada Pukul 20.10 Wib Tgl 20 Juni.

Setelah pembukaan acara Bimtek TKSK Bapak Yusrizal ikut sebagai pemateri Bimtek TKSK dan beliau menyampaikan keberadaan TKSK selama ini memiliki peran yang strategis sebagai pelayanan sosial ke masyarakat luas.

“Berdasarkan Peraturan Menteri Sosial RI Nomor 28 Tahun 2018, tujuan dibentuknya TKSK adalah untuk meningkatkan peran serta masyarakat dalam penyelenggaraan kesejahteraan sosial. melaksanakan koordinasi dengan potensi dan sumber kesejahteraan sosial lainnya dalam penyelenggaraan kesejahteraan sosial di tingkat Kecamatan, serta meningkatkan kerja sama dan sinergi antara program penyelenggaraan kesejahteraan sosial dengan program pembangunan lainnya di tingkat Kecamatan,” papar Kadis Sosial lagi.”

Pada pertemuan berikutnya Bapak Safwan, S.Ag yang membidangi TKSK Aceh ikut sebagai pemateri dan beliau menyampaikan keberadaan TKSK juga memiliki fungsi, antara lain koordinasi, fasilitasi dan administrasi.

“Keberhasilan TKSK dalam penanggulangan masalah kesejahteraan sosial di lapangan sangat dipengaruhi oleh tingkat pengetahuan, keterampilan dan pengalaman dalam penyelenggaraan kesejahteraan sosial, melalui bimtek kali ini diharapkan dapat semakin meningkatkan pemahaman, motivasi, serta kemampuan TKSK dalam menjalankan tugas dan fungsinya sehingga pelayanan kesejahteraan sosial terhadap masyarakat semakin meningkat,” Tegas Safwan

Diakhiri pertemuan Bimtek sesi pertama pada Tgl 22 Juni 2022 Bapak Isnandar, A,Ks, M, Si menyampaikan dalam materinya “Maksud dan tujuan kegiatan ini adalah untuk memberikan pembinaan dan pembekalan terhadap TKSK serta mengoptimalkan peran, tugas, dan fungsi TKSK dalam mendukung keberhasilan penyelenggaraan kesejahteraan sosial, membangun jiwa korsa TKSK, meningkatkan sinergi dan koordinasi TKSK dengan lintas sektor, serta menguatkan peran, tugas dan fungsi TKSK,”

Kegiatan Bimtek TKSK se-Aceh 2022 tersebut turut dihadiri para pejabat Dinas Sosial Aceh.

Komentar