Deteksi Dini Sabotase, Lapas Rutin Ganti Kunci Kamar Warga Binaan

KALIMANTAN SELATAN – Mengantisipasi potensi gangguan keamanan dan ketertiban (kamtib) serta memastikan kondusifitas tetap terjaga, Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Narkotika Kelas IIA Karang Intan lakukan pemeliharaan rutin dan perputaran gembok kamar hunian Warga Binaan. Kegiatan ini bagian dari komitmen penuh Lapas Narkotika Karang Intan mencegah adanya upaya pelanggaran yang mungkin terjadi.

“Kita sangat serius dalam menjaga ketertiban dan keamanan di dalam Lapas. Tindakan preventif seperti perawatan dan rolling gembok menjadi bagian dari strategi kita untuk mencegah gangguan kamtib serta menjaga kenyamanan bagi warga binaan dan petugas yang berjaga,” ujar Kepala Lapas, Wahyu Susetyo, Senin (1/1)

Gembok dari seluruh kamar hunian warga binaan dikumpulkan di atas meja dan kemudian diputar agar terjadi perubahan kunci untuk tiap-tiap kamar. Proses perawatan dan perputaran gembok ini dilaksanakan dengan mempertimbangkan standar keamanan.

Kegiatan dilangsungkan di aula ruang kunjungan tersebut dipimpin oleh Kepala Kesatuan Pengamanan Lapas, Rustam Efendi dan jajaran bersama Kepala Seksi Administrasi Keamanan dan Ketertiban, Fahrurazi dan jajaran.

Rustam Efendi menjelaskan bahwa kegiatan tersebut bertujuan untuk melakukan deteksi dini pencegahan terhadap potensi sabotase gembok yang mungkin dilakukan oleh pihak yang tidak bertanggungjawab demi tujuan tertentu. Oleh karena itu, diperlukan tindakan pencegahan melalui pelaksanaan perputaran gembok pada kamar hunian.

“Pelaksanaan perputaran gembok secara berkala ini merupakan langkah rutin yang diambil untuk menjaga keamanan dan mencegah potensi gangguan terhadap tata tertib di Lapas Narkotika Karang Intan. Melalui kegiatan hari ini, kita proaktif mencegah kemungkinan-kemungkinan tersebut,” pungkasnya.***

Komentar