Spektakuler! Perahu Hias Aceh Besar Mewarnai Pawai PKA

BANDA ACEH – Kontingen Kabupaten Aceh Besar turut serta memeriahkan acara kapal hias Pekan Kebudayaan Aceh (PKA) ke-8 di Sungai Krueng Aceh, Minggu, 5 November 2023.

Dari pukul 16.00 hingga 18.00 WIB, ratusan peserta dari berbagai komunitas, termasuk Jetski, Basarnas, Pol Airud, Panglima Laot, serta wakil-wakil dari 18 kabupaten/kota di Aceh, memadukan warna dan kreativitas dalam pawai perahu hias yang luar biasa.

Rute pawai dimulai dari dekat Jembatan Peunayong, berjalan dengan megah melewati Panggung Kehormatan (pinggir Krueng Aceh Komplek Pomdam Iskandar Muda), dan berakhir di dekat Jembatan Beurawe. Kapal-kapal hias ini tak hanya mencuri perhatian dengan desainnya yang indah, tetapi juga mengisahkan sejarah, kesenian, dan kekayaan budaya berbagai daerah.

Ketua Koordinator Perahu Hias Aceh Besar, Saifullah, dengan semangat menceritakan bahwa Aceh Besar memiliki peran penting dalam sejarah perdagangan rempah-rempah di Indonesia. “Aceh Besar adalah salah satu Kabupaten di Provinsi Aceh yang terletak di barat Indonesia dan berdekatan dengan ibu kota Provinsi. Daerah ini dikenal sebagai penghasil rempah-rempah yang beragam,” ujarnya.

Dia menambahkan bahwa pada masa lalu, rempah-rempah di Aceh bisa dibeli dengan menukar barang (rempah) dengan uang atau menukar barang dengan barang (barter). Perahu hias Aceh Besar yang megah sesuai dengan tema PKA ke-8 “Rempahkan Bumi Pulihkan Dunia” dan tema PKA Kabupaten Aceh Besar “Kebudayaan dan Hareukat,” menghadirkan berbagai macam rempah yang berasal dari perut bumi Aceh Besar yang luas dan subur.

Perahu hias bukan hanya sebagai sarana perayaan budaya, tetapi juga sebagai cerminan sejarah dan tradisi nelayan Aceh yang mengandalkan perahu untuk mencari ikan dan mengirim rempah ke luar negeri.[]

Komentar