Duta Kota Sehat Kota Depok 2023 Melalui Ujian Tahap Akhir

DEPOK – Tiga finalis Duta Kota Sehat 2023 dari Kota Depok menghadapi ujian tahap akhir mereka di JSI Resort Megamendung, Kabupaten Bogor. Acara ini dipadukan dengan Rapat Kerja (Raker) Forum Kota Sehat (FKS) Kota Depok, yang berlangsung pada tanggal 31 Oktober hingga 1 November 2023. Selasa, 31 Oktober 2023.

Ketiga finalis Duta Kota Sehat yang berkompetisi dengan semangat juang tinggi adalah Kelompok Kerja (Pokja) Kelurahan Sehat Pasir Gunung Selatan, Pokja Kelurahan Sehat Pengasinan, dan Pokja Kelurahan Sehat Tirtajaya. Mereka akan diuji dalam pemahaman situasi serta kemampuan mereka dalam menemukan solusi terhadap sembilan tatanan Kabupaten/Kota Sehat (KKS) yang ada di wilayah mereka.

Wakil Ketua FKS Kota Depok, Sukihananto, menjelaskan bahwa para finalis Duta Kota Sehat akan dihadapkan pada tantangan untuk memahami dan mengatasi permasalahan kesehatan dan lingkungan di wilayah kelurahan masing-masing. “Dari sembilan tatanan KKS itu akan diundi, lalu mereka akan mendapatkan permasalahan yang harus dicari solusinya oleh mereka,” ungkap Sukihananto.

Sukihananto juga menekankan pentingnya peran FKS dalam membantu Pemerintah Kota Depok dalam menyelesaikan berbagai masalah kesehatan dan lingkungan masyarakat. Pemerintah Kota Depok telah memberikan dukungan finansial yang cukup hingga tingkat kecamatan dan kelurahan untuk mendukung upaya ini.

Menurutnya, pemilihan Duta Kota Sehat ini adalah yang pertama kali dilakukan oleh FKS Kota Depok. Tujuannya adalah untuk meningkatkan kapasitas kemampuan Pokja Kelurahan Sehat dalam mengatasi masalah yang ada di kelurahan mereka. “Dengan dukungan penuh yang diberikan Pemkot Depok, Pokja Kelurahan Sehat harus paham masalah kelurahannya, solutif, implementatif, tentunya mendukung serta bersinergi dengan lurah,” tambah Sukihananto.[]

Komentar