ITB Memperingati Hari Sumpah Pemuda dalam Sidang Terbuka Wisuda Oktober 2023

BANDUNG – Institut Teknologi Bandung (ITB) menggelar Sidang Terbuka Wisuda Pertama Tahun Akademik 2023/2024 di Gedung Sasana Budaya Ganesa (Sabuga). Wisuda ini menjadi momen yang istimewa karena bertepatan dengan peringatan ke-95 Hari Sumpah Pemuda, yang merupakan tonggak sejarah penting bagi bangsa Indonesia. Sabtu, 28 Oktober 2023.

Wisuda Oktober 2023 tersebut dilaksanakan dalam dua sesi. Sesi pertama berlangsung dari pukul 08.00 hingga 10.30 WIB, sementara sesi kedua digelar pada pukul 13.30 hingga 16.00 WIB. Seluruh acara dihadiri oleh total 5.420 wisudawan, yang terdiri dari 3.581 wisudawan program sarjana, 1.722 wisudawan program magister, dan 117 wisudawan program doktor.

Sidang dimulai dengan pembacaan Surat Keputusan Rektor ITB oleh Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan, Prof. Dr. Ir. Jaka Sembiring, M.Eng. Beliau mengumumkan bahwa sebanyak 1.514 wisudawan program sarjana, 570 wisudawan program magister, dan 40 wisudawan program doktor menerima gelar cumlaude, menunjukkan prestasi akademik yang luar biasa.

Prof. Reini Wirahadikusumah, Ph.D., Rektor ITB, mengucapkan selamat kepada para wisudawan dalam pidato selamatnya. “Dengan rasa bangga, saya ucapkan selamat kepada wisudawan sarjana, magister, dan doktor. Pada hari ini jangan lupa bahwa kita juga memperingati Hari Sumpah Pemuda,” ucapnya.

Selain memberikan selamat, Rektor juga memberikan pesan penting. Beliau menekankan bahwa gelar sarjana yang diperoleh tidak hanya sebagai sebuah titel, tetapi juga harus diikuti oleh perilaku kesarjanaan. “Para sarjana diharapkan dapat berperan bukan hanya sebagai agen pengetahuan, tetapi juga perlu mengembangkan kesarjanaan untuk membentuk integrasi dan konsistensi yang baik dalam perilaku kesarjanaan,” tuturnya.

Rektor ITB juga menekankan peran lulusan ITB dalam menyebarkan nilai-nilai Budaya Ilmiah Unggul yang ada di ITB. Hal ini diharapkan dapat membantu mencapai visi Indonesia sebagai Generasi Emas pada tahun 2045. “Kita semua mengemban peranan kunci dalam menyongsong Indonesia Emas 2045,” ujarnya.

Acara berlanjut dengan penyampaian selamat secara khusus kepada wisudawan Sekolah/Fakultas secara bergantian oleh 12 Dekan Sekolah/Fakultas.[]

Komentar