Poliklinik Polres Pidie Siapkan Diri untuk Akreditasi Tingkat Pertama

Meningkatkan Kualitas Pelayanan Kesehatan

Pidie – Poliklinik Polres Pidie menggelar acara survei akreditasi menuju Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) yang paripurna selama dua hari, dari tanggal 2 hingga 3 Oktober 2023. Kegiatan ini dilakukan oleh Tim Surveior dari Lembaga Komite Akreditasi Kesehatan Pratama (KAKP), yang dipimpin oleh dr. Ira Khairani bersama Riri Nurnianti, SKM., MKM. Selasa, 3 Oktober 2023.

Kunjungan Tim Surveior KAKP ke Poliklinik Polres Pidie ini bertujuan untuk menilai kualitas pelayanan kesehatan yang diberikan oleh poliklinik tersebut dalam rangka penilaian Akreditasi Poliklinik Polres Pidie Tahun Ajaran 2023.

Kegiatan ini dihadiri oleh sejumlah pejabat penting, termasuk Wakapolres Pidie Kompol Misyanto, SE, M.Si, Kabag Ops AKP H.G Tanjung, SH, Kabagren AKP Hefi Bakri, SH, MH, Kabag SDM AKP Immarsal, SE, Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Pidie dr. Dwi Wijaya, Kasiddokes Polres Pidie Aipda T. Saifuddin, S. Kep, dan para tim medis Poliklinik Polres Pidie.

Ketua tim Lembaga KAKP, dr. Ira Khairani, menjelaskan bahwa mereka datang ke Polres Pidie untuk melaksanakan survei di Poliklinik Polres Pidie dengan tujuan untuk menilai akreditasi poliklinik tersebut. Tim surveior melakukan pemeriksaan yang meliputi pengecekan ruang pelayanan kesehatan seperti ruang Poli Umum, ruang Poli Gigi, serta ruang pendaftaran.

Selama proses pemeriksaan, Tim Surveior memberikan petunjuk dan arahan terkait penggunaan alat-alat kesehatan, perawatan sarana dan prasarana kesehatan, dan tata cara pelayanan serta perawatan terhadap pasien. Mereka juga melakukan simulasi penanganan teknis, seperti simulasi penggunaan Alat Pemadam Api Ringan (APAR) dalam situasi kebakaran, simulasi cuci tangan, dan simulasi penanganan tumpahan darah atau cairan infeksius yang dapat membahayakan tenaga kesehatan.

Dalam sambutannya, Wakapolres Pidie Kompol Misyanto, SE, M.Si, mengungkapkan bahwa hasil penilaian akreditasi yang akan disampaikan oleh Tim Surveior akan menjadi motivasi untuk terus meningkatkan mutu dan pelayanan yang sudah baik agar berkelanjutan, tidak hanya saat dilaksanakan penilaian akreditasi saja.[raju]

Komentar