Pj Bupati Pidie Hadiri Khenduri Laot dan Santunan Anak Yatim

PIDIE – Pj Bupati Pidie Ir. Wahyudi Adisiswanto, M.Si menghadiri acara Khenduri Laot dan Santunan Anak Yatim tahun 2023 yang di laksanakan di Pantai Pelangi Kota Sigli Kabupaten Sigli, Rabu (1/11/2023).

Dalam sambutannya PJ menyampaikan bahwa Khenduri Laot ini adalah salah satu adat istiadat Aceh yang bisa kita ajarkan ke daerah-daerah lain untuk mewujudkan rasa syukur kita kepada Allah SWT atas rezeki yang diberikan dari hasil yang di peroleh dari melaut sehingga dapat dimanfaatkan untuk kehidupan sehari-hari bagi para nelayan.

“Ada tiga betuk hubungan yang kita terapkan dalam kehidupan, yang pertama hubungan manusia dengan tuhan, hubungan manusia dengan alam, dan hubungan sesama manusia. Khenduri laut ini adalah salah satu hubungan manusia dengan alam, hubungan kasih sayang kita terhadap alam,” ujar PJ Bupati.

Safrizal, S.STP., M.Ec.Dev selaku Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan menyampaikan bahwa tujuan acara ini yaitu untuk menjaga dan mempertahankan nilai-nilai tradisi dan budaya yang sudah terun-temurun dari nenek moyang kita yang sudah berabad-abad yang lalu.

“Melalui kegiatan ini juga kita bisa berikhtiar melalui zikir dan doa agar senantiasa diberikan ridha, kesehatan, keselamatan, dan kesejahteraan berupa rezeki dari harsil laut kita yang berlimpah ini,” sambung Kadis Kelautan dan Perikanan.

Dalam kegiatan ini turut diselenggarakan berbagai ragam acara berupa Santunan Anak Yatim sebanyak 110 orang yang berasal dari 11 lhok (Muara) di Kabupaten Pidie, Zikir dan Doa bersama yang dipimpin oleh Tgk. H. Zainal Abidin. Dilanjutkan dengan Tarian Tarek Pukat dari Sanggar Pusaka Nangroe, dan pada sore hari dilanjutkan dengan perlombaan dayung yang diikuti oleh para nelayan yang berasal dari Lhok Kabupaten Pidie.

“Kami memohon kepada Pemerintah Kabupaten Pidie untuk Membangun Kolam Labuh untuk Nelayan, karena Kolam Labuh ini sangat dibutuhkan masyarakat untuk mencari nafkah kedepannya,” kata Hasan Basri selaku Panglima Laot Kabupaten Pidie.

“Kepada Para panglima laot lhok dan tokoh-tokoh nelayan yang berhadir pada hari ini mari sama-sama kita menajaga pesisir pantai ini untuk generasi kita ke masa depan yang lebih cerah, Mari sama-sama kita cegah masuknya narkoba ke pesisir Kabupaten Pidie ini,” sambung Panglima Laot.

Turut hadir Ketua Mahkamah Syariah Sigli I.B Dr. H. Munir, S.H, M.Ag, Kadis Sosial Drs. H. MUSLIM. Direktur Bank Aceh Cabang Sigli, H Tarmizi. Panglima Laot Aceh Miftah Cut Adek. Unsur Forkopimda Kabupaten Pidie, Para Kepala SKPK Kabupaten Pidie, Panglima Laot beserta Pengurus Lembaga Adat Laot Kabupaten Pidie, Para Pang Lima Lhok Kabupaten Pidie, dan Tokoh Masyarakat.[raju]

Komentar