Peringatan Hari Kesaktian Pancasila di Pidie

Komitmen untuk Mempertahankan Nilai-Nilai Pancasila

Pidie – Kapolres Pidie, AKBP Imam Asfali, SIK, yang bertindak sebagai Inspektur Upacara (Irup) dalam Peringatan Hari Kesaktian Pancasila di lapangan Apel Mapolres Pidie. Minggu, 1 Oktober 2023.

Upacara yang dihadiri oleh berbagai pejabat penting termasuk Wakapolres Pidie, Kompol Misyanto, SE, M.Si, Pejabat Utama Polres Pidie, para Kapolsek Jajaran Polres Pidie, dan seluruh personil Polres Pidie ini dimulai dengan penuh hikmat. Komandan Upacara memberikan laporan kepada Inspektur Upacara, yang selanjutnya memimpin peserta upacara untuk mengheningkan cipta. Ini adalah momen yang mendalam untuk mengenang jasa para pahlawan dan pejuang-pejuang bangsa yang telah gugur demi kemerdekaan Indonesia.

Setelah itu, suasana upacara semakin terasa khusyuk dengan pembacaan teks Pancasila. Ini adalah saat-saat di mana peserta upacara mengingatkan diri mereka sendiri akan nilai-nilai dasar yang menjadi pondasi bangsa ini.

Setelah upacara selesai, Kapolres Pidie, AKBP Imam Asfali, SIK, memberikan pernyataan kepada sejumlah wartawan. Dalam pernyataannya, beliau menekankan betapa pentingnya Peringatan Hari Kesaktian Pancasila sebagai momen untuk memperkuat komitmen kita terhadap nilai-nilai Pancasila.

“Melalui upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila yang kita laksanakan pada hari ini, selayaknya dijadikan momentum untuk meneguhkan komitmen kita agar lebih menghayati, mendalami, dan bisa mengamalkan nilai-nilai luhur Pancasila sebagai dasar masyarakat, sebagai dasar bernegara dan berbangsa,” ungkap Kapolres Pidie.

Beliau juga mengingatkan bahwa Pancasila bukan hanya sekadar teks, tetapi sebuah komitmen yang harus dijunjung tinggi oleh setiap warga negara Indonesia. Keberagaman dan persatuan bangsa dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia harus dijaga dan dipertahankan bersama.

Peringatan Hari Kesaktian Pancasila tahun 2023 ini mengusung tema “Pancasila Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Maju,” dan terpantau dalam pelaksanaannya di Polres Pidie berlangsung dengan khidmat. Tema ini menggarisbawahi peran penting Pancasila dalam menyatukan bangsa Indonesia untuk mencapai kemajuan bersama.[raju]

Komentar