Apple Akhirnya Bongkar Rahasia Masalah Panas pada iPhone 15

Jakarta – Sudah beberapa waktu belakangan ini, kabar tentang iPhone 15 yang mulai dipasarkan di 40 negara per tanggal 22 September 2023 menjadi pembicaraan hangat di kalangan konsumen teknologi. Sayangnya, antusiasme awal terhadap flagship terbaru Apple ini ternyata diiringi dengan keluhan serius: iPhone 15 seringkali menjadi sangat panas saat digunakan untuk main game atau dalam penggunaan yang berkepanjangan.

Setelah beberapa waktu bungkam, Apple akhirnya buka suara mengenai masalah ini. Dalam sebuah pengumuman resmi, Apple mengatakan bahwa mereka telah mengidentifikasi akar permasalahan yang menyebabkan iPhone 15 menjadi lebih panas dari yang diharapkan. Masalah ini ternyata disebabkan oleh bug dalam perangkat lunak iOS 17 yang digunakan pada perangkat tersebut. Kabar baiknya, perusahaan telah menyiapkan pembaruan untuk memperbaiki bug ini dalam waktu dekat.

Menurut pernyataan dari Apple, panas yang dirasakan oleh iPhone 15 mungkin lebih tinggi dalam beberapa hari pertama setelah perangkat diatur atau dipulihkan karena aktivitas latar belakang yang sedang berjalan. Namun, mereka memastikan bahwa pembaruan perbaikan bug iOS 17 yang akan datang tidak akan mengurangi kinerja perangkat dalam mengatasi suhu panas ini.

Selain bug perangkat lunak, faktor penyebab lainnya adalah beberapa pembaruan terbaru untuk aplikasi pihak ketiga yang membebani sistem perangkat. Apple juga menjelaskan bahwa mereka saat ini tengah bekerja sama dengan pengembang aplikasi pihak ketiga untuk merilis pembaruan sistem yang dapat mengatasi masalah tersebut.

Beberapa aplikasi pihak ketiga yang disebutkan sebagai penyebab masalah panas ini termasuk game Asphalt 9, Instagram, dan Uber. Instagram sendiri telah merilis pembaruan untuk mengatasi masalah ini pada tanggal 27 September.

Untuk memberikan ketenangan kepada konsumen, Apple menegaskan bahwa iPhone 15 Pro dan Pro Max tidak mengalami masalah panas berlebihan, hal ini karena desain cangkang titanium baru yang lebih efisien dalam menghilangkan panas dibandingkan dengan model baja tahan karat sebelumnya.

Penting untuk dicatat bahwa meskipun masalah panas ini menyebabkan ketidaknyamanan, Apple mengklaim bahwa ini bukan merupakan masalah keamanan atau kesehatan dan tidak akan memengaruhi kinerja jangka panjang dari iPhone 15. Sehingga para pengguna diharapkan tetap tenang dan menunggu pembaruan yang akan datang untuk menyelesaikan masalah ini.

 

CNBC Indonesia

Komentar