Ganjar Buka-Bukaan Terkait Isu Cawapres & Peluang Duet Sama Prabowo

Jakarta – Akhirnya, Calon presiden yang diusung oleh PDI Perjuangan dan PPP, Ganjar Pranowo buka-bukaan tentang isu nama-nama yang bakal mendampinginya sebagai calon wakil presiden saat Pilpres 2024. Setidaknya ada lima nama yang ia komentari.

Hal tersebut terkait isu yang digadang-gadangkan tentang Cawapres menemani Ganjar Pranowo di Pilpres 2024.

Di kesempatan tersebut, Ganjar Pranowo menyebutkan lima nama yang ia komentari terkait siapa yang menemaninya dalam Pilpres 2024.

Mulai dari Mahfud Md yang saat ini menjabat Menko Polhukam. Lalu, ia sebut adalah Sandiaga Uno yang merupakan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Berikutnya, Menteri BUMN Erick Thohir, eks Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa.

Ganjar mengemukakan, lima nama tersebut ideal sebagai Cawapres, karena seluruhnya memiliki pengalaman di dunia pemerintahan. “Nama-nama yang muncul menurut saya mereka punya kemampuan yang sama, mereka yang punya background sebelumnya di dunia pemerintahan punya peluang yang sama,” ujarnya saat menyambangi Gedung Transmedia, Jakarta, dilansir dari CNBC Indonesia, Senin, 25 September 2023.

Uniknya, saat ditanya secara spesifik tentang sudut pandanganya terhadap Mahfud dan Sandiaga, Ganjar mengatakan keduanya memiliki keunggulannya masing-masing. Terutama jika dilihat dari dua sisi yang ia jadikan fokus untuk membangun ekonomi Indonesia, yakni sisi pendidikan dan bisnis, di samping kesehatan.

“Pak Mahfud pernah di kampus. Pak Mahfud dibanding Pak Sandi di dunia pendidikan saya kira Pak Mahfud lebih banyak tampil, tapi kalau di dunia usaha Pak Sandi kayaknya lebih hebat. Jadi dua-duanya orang yang punya pengalaman, dan dua-duanya saya dekat,” tutur Ganjar.

Terkait isu terbukanya peluang menduetkan dirinya dengan Prabowo, apakah salah satunya menjadi capres atau cawapres, Ganjar menilai tak ambil fikir, sebab menurutnya itu masih sebatas isu yang menguap di tengah-tengah masyarakat.

“Namanya juga wacana, namanya juga isu boleh aja. Buat saya seperti orang mau menikah, kalau janurnya belum melengkung, saya mau mengatakan tidak, bagaimana? Wong Pak Prabowo dengan Cak Imin itu pacarannya udah lama banget, cuma enggak nikah kan,” ungkapnya.

Kendati begitu, Ganjar belum mau mengungkap sosok yang akan menjadi pendampingnya kelak. Ia pun belum mau menyebut kapan waktu yang tepat nama cawapresnya diumumkan oleh partai koalisi pendukungnya.

Dilansir detikcom, Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto mengatakan pendamping bakal capres Ganjar Pranowo di Pilpres 2024 segera diumumkan. Pengumuman sosok cawapres Ganjar ini bakal disampaikan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri.

“Terkait dengan siapa yang akan mendampingi Pak Ganjar sudah mengalami kajian yang mendalam tinggal menunggu momentum yang tepat nantinya akan diumumkan oleh Ibu Megawati,” kata Hasto.

Hasto menyebut sosok bakal cawapres Ganjar juga sudah didiskusikan secara mendalam oleh para Ketum Parpol koalisi. Dia mengatakan Megawati juga sudah beberapa kali berdialog dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi) soal nama cawapres Ganjar.

 

cnbc indonesia

Komentar