Kaesang Pangarep, Putra bungsu Presiden Joko Widodo Bergabung dengan PSI

Solo – Putra bungsu Presiden Joko Widodo (Jokowi), Kaesang Pangarep, telah resmi bergabung dengan Partai Solidaritas Indonesia (PSI). Momentum bersejarah ini terjadi saat jajaran pimpinan DPP PSI mengantarkan Kartu Tanda Anggota (KTA), yang disebut Friendship Card, ke kediaman Presiden Jokowi di Kelurahan Sumber, Kecamatan Banjarsari, Kota Solo, Sabtu siang, 23 September 2023.

Penyerahan KTA ini menjadi momen bersejarah dan dilakukan secara simbolis oleh Ketua Umum PSI, Giring Ganesha, kepada Kaesang setelah pertemuan selama sekitar 1 jam. Acara tersebut turut disaksikan oleh awak media yang telah menunggu dengan sabar untuk mendapatkan pernyataan resmi dari PSI dan Kaesang.

Wakil Ketua Dewan Pembina PSI, Grace Natalie, menyatakan kebahagiaannya atas bergabungnya Kaesang dengan partainya. Grace mengungkapkan bahwa komunikasi antara PSI dan Kaesang telah berlangsung cukup lama. “Kami sangat senang sekali karena saat ini ada energi baru. Sebenarnya komunikasi, persahabatan, pertemanan sudah terjalin cukup lama dan kami sangat menghargai Mas Kaesang yang telah bergabung bersama teman-teman PSI,” ujar Grace.

Sementara itu, Kaesang Pangarep mengungkapkan bahwa sebelum bergabung dengan PSI, ia sudah sering bertemu dengan pengurus PSI. “Sebelumnya, saya sudah cukup lama sering bertemu dengan teman-teman PSI, termasuk Bro William dan Pak Wamen. Komunikasi kami intens dan cair,” kata Kaesang.

Menurut Kaesang, keinginan untuk bergabung dengan PSI muncul karena mereka memiliki pandangan yang sama. “Kami memiliki kesamaan pandangan bahwa anak-anak muda sebenarnya bisa terlibat di sektor publik. Di pemilu biasanya anak-anak muda hanya dijadikan sebagai obyek pasif, padahal kita berharap dapat menjadi subyek aktif demi masa depan Indonesia. Saya juga melihat PSI ini sebagai partai yang bagus, punya semangat untuk membuat Indonesia menjadi jauh lebih baik, jadi mengapa tidak,” tambah Kaesang.

Tidak hanya bergabung dengan PSI, partai tersebut juga mendorong Kaesang untuk maju dalam Pilkada Serentak 2024 sebagai calon Wali Kota Depok. Keputusan politik Kaesang ini berbeda dengan ayahnya, Presiden Jokowi, dan kakaknya, Gibran Rakabuming Raka, yang merupakan kader dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP).

 

Tempo

Komentar