TMMD ke-118 di Kota Medan, TNI dan Masyarakat Bersatu Membangun Desa

Medan – Kota Medan baru-baru ini menjadi saksi pelaksanaan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-118. Upacara pembukaan program ini digelar di Lapangan Benteng Medan pada Rabu, 20 September 2023, dengan dihadiri oleh sejumlah pejabat, termasuk Wali Kota Medan, Bobby Nasution, dan Wakil Wali Kota Medan, H. Aulia Rachman.

TMMD bukan hanya sekadar program pembangunan desa, tetapi juga merupakan langkah konkret untuk mempererat kemanunggalan antara TNI dan masyarakat. Dalam pidatonya sebagai Inspektur Upacara, Wali Kota Bobby Nasution menegaskan bahwa TMMD diharapkan tidak hanya mewujudkan kesejahteraan, tetapi juga meningkatkan pemahaman dan kesadaran masyarakat dalam mengelola potensi yang mereka miliki.

Selain itu, program TMMD di Kota Medan juga dirancang untuk memantapkan kesadaran bela negara dan disiplin nasional yang sejalan dengan program pemerintah daerah setempat. Dengan kolaborasi dari berbagai pihak, termasuk TNI, departemen, lembaga pemerintah non-departemen, pemerintah daerah, dan komponen bangsa lainnya, TMMD menjadi salah satu wujud Operasi Bhakti TNI yang terpadu dan berkesinambungan.

Menurut Bobby Nasution, TMMD telah mendapatkan sorotan positif sejak pertama kali digulirkan, dan diharapkan TNI dapat menjaga hubungan baik dan kekeluargaan dengan seluruh masyarakat desa yang menjadi fokus program ini.

“Mewujudkan transformasi desa melalui TMMD adalah langkah yang diharapkan mampu menghadirkan perubahan yang sistematis dan komprehensif untuk menjadikan desa dan masyarakat lebih maju dan sejahtera,” kata Wali Kota Medan tersebut.

Selain pembangunan fisik, TMMD di Kota Medan juga bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan pengetahuan masyarakat dalam mengelola potensi yang mereka miliki. Setelah memberikan bimbingan dan arahan, Bobby Nasution secara resmi membuka kegiatan TMMD dengan memberikan tanda peserta dan peralatan kerja kepada perwakilan prajurit TNI. Acara ini juga diwarnai dengan pemberian tali asih kepada warga kurang mampu serta pemotongan nasi tumpeng oleh Wali Kota bersama pejabat lainnya.

Komentar