Partai Demokrat Akan Deklarasikan Dukungan Prabowo Subianto Sebagai Presiden

Jakarta – Partai Demokrat resmi bergabung dengan Koalisi Indonesia Maju (KIM) dalam rangka mendukung Prabowo Subianto sebagai calon presiden pada Pemilihan Presiden 2024. Keputusan ini diumumkan oleh Anggota Dewan Pembina Partai Gerindra, Andre Rosiade, dalam sebuah pernyataan kepada media, dikutip dari Tempo, Rabu, 20 September 2023.

Dalam pernyataannya, Andre Rosiade mengungkapkan, “Besok Partai Demokrat akan nyatakan mengumumkan dukungan kepada Pak Prabowo dan bergabung dengan koalisi. Insya Allah abis magrib.” Deklarasi resmi ini akan dilakukan dalam acara Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) Demokrat yang akan digelar di Plenary Hall Jakarta Convention Center (JCC) Senayan, Jakarta pada Kamis, 21 September 2023.

Menariknya, ketua umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), akan menjadi yang menyampaikan langsung deklarasi tersebut.

Tidak hanya itu, seluruh partai anggota Koalisi Indonesia Maju juga diundang untuk menghadiri acara tersebut, menunjukkan kesolidan di dalam tubuh koalisi ini. Andre Rosiade menambahkan, “Kami keluarga besar Partai Gerindra, PBB, PAN, dan anggota lainnya akan bersama-sama menghadiri Rapimnas Partai Demokrat tersebut. Bertambahnya anggota Koalisi Indonesia Maju membuktikan jika ada kesolidan di dalam tubuh koalisi dan bisa mengantarkan Pak Prabowo menjadi Presiden Indonesia pada Pemilu 2024.”

Keputusan Partai Demokrat untuk bergabung dengan KIM merupakan langkah besar setelah partai ini mundur dari Koalisi Perubahan untuk Persatuan. Alasan mundurnya adalah kekecewaan karena calon presiden Anies Baswedan dinilai tidak menepati janjinya untuk menjadikan AHY sebagai calon wakil presiden.

Sementara itu, soal calon wakil presiden yang akan mendampingi Prabowo Subianto masih menjadi misteri. Andre Rosiade menyatakan bahwa keputusan tersebut akan diputuskan melalui musyawarah oleh para ketua umum partai anggota KIM dan akan diumumkan menjelang pendaftaran pasangan calon ke Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Optimisme pun terpancar dari Andre Rosiade, yang yakin bahwa Prabowo Subianto memiliki peluang besar untuk memenangkan Pilpres 2024. Menurutnya, semua lembaga survei menunjukkan Prabowo unggul baik dalam putaran pertama maupun kedua.

Dengan bergabungnya Partai Demokrat, Koalisi Indonesia Maju akan menjadi koalisi terbesar pada Pilpres 2024, terdiri dari Partai Gerindra, Partai Golkar, PAN, Partai Bulan Bintang, Partai Gelora, dan Partai Demokrat. Selain itu, beberapa partai lain juga disebut akan segera bergabung, menambah kekuatan koalisi ini dalam pertarungan politik.**

 

tempo

Komentar