Tekan Inflasi Pemko Banda Aceh Gelar Pasar Murah

BANDA ACEH – Untuk menekan laju inflasi sekaligus menindak lanjuti sidak yang dilakukan beberapa hari yang lalu di pasar tradisional di Banda Aceh. Pemkot Banda Aceh menggelar pasar murah di Taman Bustanussalatin, Senin (6/2/2023).

Warga terlihat sangat antusias menyerbu pasar murah yang menyediakan tiga komoditas yakni beras premium 10 kilogram dijual Rp80 ribu, minyak goreng kemasan dijual Rp30 ribu dan telur ayam satu papan dijual Rp38 ribu.

Penjabat (Pj) Wali Kota Banda Aceh, Bakri Siddiq, mengatakan sebelumnya dia telah melakukan pemantauan harga di pasar tradisional, hasil pantauan ditemukan terjadi lonjakkan harga khususnya pada komoditas beras, sehingga dilakukanlah operasi pasar.

“Kita pantau ada beberapa kenaikan komoditas selain beras yakni salah satunya telur, sehingga pemerintah hadir untuk menetralisir dan mengatasi gejolak tersebut,” katanya.

Kata dia, komoditas yang alami lonjakan harga di pasar tradisional yakni beras premium berkisar Rp130 ribu persak,  minyak goreng kemasan Rp40 ribu per liter dan telur Rp43 hingga Rp45 ribu per papan.

“Sehingga pemerintah mensubsidi masyarakat agar dapat menikmati harga jauh di bawah itu,” katanya. 

Menurut Bakri kenaikan harga komoditas tersebut dikarenakan laju inflasi dan terganggunya suplai akibat hujan dan longsor yang terjadi di sejumlah daerah sehingga pasokan berkurang.

Kepala Dinas Koperasi UKM dan Perdagangan Kota Banda Aceh, Muhammad Nurdin menambahkan pasar murah itu juga untuk menjaga stabilitas harga kebutuhan pokok dan membantu masyarakat untuk membeli kebutuhan pokok yang lebih murah.

“Penyedian kupon untuk setiap harinya sebanyak 400 lembar karena kita menyediakan 20 ribu kilogram beras, minyak goreng 7800 liter dan telur ayam sebanyak 2000 lemping. Nantinya komoditas itu dibagikan dalam 5 hari,” jelasnya.

Kata dia kondisi inflasi pada bulan lalu mencapai 5,28 persen, diharapkan inflasi tersebut dapat di tekan dan mampu mengintervensi harga untuk menjaga stabilitas harga.

Berikut jadwal pasar murah empat hari kedepan, 7 Februari 2023, pukul 09.00 WIB, lokasi Masjid Baitussalihin Ulee Kareng.

8 Februari 2023, pukul 09.00 WIB lokasi depan Kantor Metrologi Gampong Mulia, 9 Februari 2023, pukul 09.00 WIB, lokasi Halaman Masjid Bani Salim Lampaseh Kota dan 10 Februari 2023, pukul 09.00 WIB, Lokasi Halaman Kantor Perindag Aceh di Kuta Alam.

Komentar