Aceh Bergerak Adakan Road Show Film di Gontor 8 Aceh Besar

Seputaraceh.id | Aceh Besar – Komunitas Aceh Bergerak mengadakan Road Show Pemutaran Film & Diskusi yang digelar di Pondok Pesantren Gontor Kampus 8, Seulawah, Aceh Besar Jumat (27/1/2023).

Bekerja sama dengan Sinema Mikro, Road Show tersebut menayangkan film Surat Dari Ahmad yang diikuti oleh 100 santri Gontor 8.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Aceh Almuniza Kamal yang diwakili oleh Kabid Pengembangan Usaha Pariwisata dan Kelembagaan Ismail mengatakan, bahwa industri perfilman di Aceh menjadi penting untuk jadi perhatian.

“Meskipun di Aceh belum memiliki bioskop, tapi kita masih bisa melakukan pengembangan perfilman di Aceh salah satunya dengan berbagai pelatihan dan juga road show film yang kita lakukan saat ini,” sebut Ismail.

Ismail melanjutkan, film tidak selalu mengajarkan tentang hal-hal yang negatif tetapi juga memberikan pesan positif tergantung dari genre film itu sendiri.

“Kebanyakan film dianggap negatif, padahal dengan media film kita bisa menyampaikan banyak hal positif, diantaranya dengan pembelajaran sejarah dan juga dakwah,” lanjutnya.

Pada kesempatan yang sama, perwakilan pengurus Gontor 8 Ustad Lalu Maulana mengatakan, bahwa di pondok juga sudah mulai menggunakan audio visual sebagai pembelajaran, salah satunya Gontor Tv.

“Alhamdulillah kami sudah memiliki Gontor Tv. Jadi dengan adanya road show ini selain menjalin silaturrahmi juga sebagai pembelajaran dan pengetahuan tentang sejarah, terutama sejarah Aceh – Turki sebagaimana yang diceritakan dalam film,” ucapnya.

Untuk diketahui, film Surat Dari Ahmad yang disutradarai oleh T. Raja Umar bercerita tentang diplomasi antara Aceh dan Turki yang mana diplomasi tersebut sudah terjalin sejak masa Sultan Al-Qahhar hingga sekarang. []

Komentar