PBD Aceh Singkil Bersihkan Material pasca-Banjir Bandang di Dua Kecamatan

Banda Aceh – Petugas Badan Penenggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Aceh Singkil membersihkan material pascabanjir bandang tepatnya di Desa Lae Bangun, Kecamatan Suro dan Desa Mukti Jaya, Kecamatan Singkohor, Kabupaten Aceh Singkil, Provinsi Aceh, Jumat (3/5/2024).

Kepala Pelaksana (Kalak) BPBD Aceh Singkil, H.Alhusni mengatakan, setelah banjir bandang melanda dua kecamatan di Kabupaten Aceh Singkil, petugas dari BPBD melakukan pembersihan material di wilayah terkena dampak banjir bandang, seperti lumpur serta potongan kayu, dan lain-lainnya.

Didampingi Kasie Kedaruratan dan Logistik BPBD Aceh Singkil, Syafrizal, ia mengatakan telah mengerahkan alat berat, mobil damkar untuk mengurai dan membersihkan material tersebut, khususnya disepanjang pemukiman yang terkena dampak.

Alhusni menambahkan, berdasarkan laporan yang diterima, peristiwa tersebut tidak mengakibatkan adanya korban jiwa. Namun sebanyak 180 jiwa rumahnya yang ikut terkena dampak banjir bandang.

“Sejak pagi tadi sekitar pukul 08.00 WIB, kami dibantu TNI, Polri serta warga setempat untuk membersihkan lumpur yang masuk kedalam rumah juga Masjid Desa Lae Bangun serta material yang menutupi badan jalan raya,” imbuhnya,

Seperti diketahui, hujan deras terjadi pada Kamis (2/5/2024) sore kemarin mengakibatkan sebanyak 10 unit rumah warga terkena dampak banjir bandang, delapan di antaranya rusak ringan sedangkan dua unit rusak berat akibat terkena material yang terbawa arus, sehingga ada beberapa material bangunan yang berceceran di jalan raya.

Sementara itu, akibat banjir bandang beberapa fasilitas mengalami kerusakan, seperti kantor desa, Puskesdes, aula pengajian, dan masjid. (mc06)

Komentar