Fokus Pembentukan Karakter Siswa, SMKN 1 Al Mubarkeya Gelar Islamic Leadership Training

INGIN JAYA – Sekolah Menengah Kejuruan Negeri SMKN) 1 Al Mubarkeya menggelar kegiatan Islamic Leadership Training (ILT) untuk membina karakter para peserta didik baru tahun pelajaran 2022-2023.

Kegiatan ini dibuka oleh Kepala SMKN 1 Al Mubarkeya, Sukmanil Fuadi, SAg, MPd tersebut dan dilaksanakan selama 3 hari mulai 21-23 Juli 2022, Kegiatan ini digelar dalam aula sekolah tersebut di Desa Kayee Lee Kecamatan Ingin Jaya Kabupaten Aceh Besar.

Ketua panitia pelaksana Harmiati, SPd yang juga wakil kepala sekolah bidang kesiswaan mengatakan ILT merupakan program unggulan di SMKN 1 Al Mubarkeya dengan tujuan utamanya adalah membina karakter siswa yang berbasis islami. Program yang digagas oleh tim kesiswaan itu sudah dilaksanakan secara rutin pada setiap tahunnya di sekolah tersebut.

“Program ini bertujuan untuk membina para peserta didik agar memahami ilmu kepemimpinan dan membiasakan karakter dengan nilai-nilai Dinul Islam, dan sasaran kita tahun para siswa baru yang berjumlah 190 orang untuk terlibat aktif dalam program ini,” kata Harmiati

Sementara itu Kepala SMKN 1 Al Mubarkeya Sukmanil Fuadi, SAg, MPd mengatakan bahwa program Islamic Leadership Training yang dilaksanakan itu merupakan wujud dari visi dan misi sekolahnya dalam menerapkan pendidikan yang Islami.

“Salah satu fungsi pendidikan adalah membentuk karakter peserta didik, yang meliputi karakter moral dan karakter kerja. Karakter moral dalam arti membentuk peserta didik agar menjadi manusia yang berakhlak mulia”, ungkap Sukmanil.

Tujuan pendidikan karakter yang berkaitan dengan pembentukan mental dan sikap anak didik dikelola dengan menanamkan nilai-nilai islami.

“Pembentukan karakter dan kepribadian anak sesuai dengan nilai keagamaan menjadi sebuah kebutuhan dan keharusan di lembaga pendidikan, maka pelaksanaan kegiatan ILT ini merupakan wujud nyata keseriusan para guru di SMKN 1 Al Mubarkeya dalam membangun karakter positif para siswa”,

Oleh karena itu dengan adanya kegiatan seperti itu, kita mengharapkan para siswa akan menjadi insan yang mulia ketika hidup di dunia dan bermanfaat untuk kehidupan akhirat, pungkas Sukmanil.

Komentar