Mengisi Minggu Produktif, KKN Kelompok 12 Mengadakan Kegiatan Jalan Santai dan Senam Stunting

Seputaraceh.id | Aceh Utara – Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) Kelompok 12 Universitas Malikussaleh melaksanakan kegiatan jalan santai dan senam stunting di Gampong Jok Kecamatan Paya bakong ,Aceh Utara, Minggu (26/06/2022).
Jalan santai di mulai dari jam 07.00 dengan mengatur barisan anak-anak kemudian memasang pita sebagai penanda peserta jalan santai.

Starting jalan santai dimulai dengan Yel-yel kemudian dilanjutkan dengan menyanyikan lagu anak-anak, sehingga membuat anak-anak lebih bersamangat, dalam kegiatan jalan santai yang dipandu oleh Miftahur Rahmi, Rauzatul jinan,dan Ade meylan. Kemudian dilanjutkan dengan senam stunting Yang dipandu oleh Rozatul Ulfa, Herman Tino, Naufal Farhan Nibras Berutu dan Alfina Sofi menyatakan bahwa terdapat tiga hal yang harus diperhatikan dalam pencegahan Stunting, yaitu dengan perbaikan pola makan, pola hidup sehat , pola asuh, sanitasi serta akses air bersih yang dapat mempengaruhi pertumbuhan anak, Ungkapnya kepada para orang tua anak yang ikut andil dalam kegiatan senam stunting berlangsung.

Pada dasarnya sebagian besar masyarakat belum memahami istilah Stunting. Stanting adalah masalah kekurangan gizi kronis yang disebabkan oleh kurangnya asupan gizi dalam waktu yang cukup lama, sehingga mengakibatkan gangguan pertumbuhan pada anak, yakni tinggi badan anak lebih rendah dari standar usianya. Dari kegiatan senam yang diadakan ini dapat membuka pandangan masyarakat tentang pola hidup sehat, salah satunya dengan berolahraga setiap hari minimal tiga puluh menit.

Yusmidi, geuchik desa jok sangat senang dan antusias dengan adanya kegiatan yang dilakukan oleh mahasiswa KKN kelompok 12 ini yang di ketuai oleh Alieh Hidayatullah (Pendidikan Teknik Mesin) yang beranggota Herman Tino (Pendidikan Matematika), Naufal Farhan Nibras Berutu (Sistem Informasi), M.Hekal Safarur (Teknik kimia), Ummi Hanik (Pendidikan kimia), Rauzatul Jinan (Pendidikan Sastra Indonesia), Rozatul Ulfa (Pendidikan Fisika), Miftahur Rahmi ( Pendidikan Matematika), Alfina Sofi (Teknik Sipil), dan Ade Meylani (Teknik Arsitektur).

Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) KKN Kelompok 12,Ilham sahputra,S.T.,M.CS sangat mengapresiasi partisipasi mahasiswa binaannya dalam kegiatan jalan santai dan senam stunting di desa jok. Itu merupakan satu kontribusi positif yang dapat dilakukan mahasiswa selama mereka berada di tengah-tengah masyarakat .

Komentar