Kinerja Kepsek di Aceh Utara Dipresentasikan, Ini Terobosan Baru Dinas P&K untuk Majukan Pendidikan

Seputaraceh.id – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (P&K) Kabupaten Aceh Utara melahirkan terobosan baru untuk meningkatkan mutu pendidikan di daerah tersebut, salah satunya dengan menggelar presentasi buku kerja kepala sekolah untuk jenjang SD hingga SMP.

Presentasi kerja kepala sekolah untuk jenjang SMP dilaksanakan sejak tanggal 1, 2 hingga 4 Maret, sedangkan untuk jenjang SD dilaksanakan mulai tanggal 7 sampai 16 Maret mendatang. Presentasi ini diadakan di ruang kerja kepala dinas dan ruang koordinator pengawas daerah.

Kepala Dinas P&K Jamaluddin, S.Sos, M.Pd menyaksikan langsung proses presentasi tersebut di ruang kerjanya sekali sebagai tim penguji. Para penguji kegiatan ini antara lain, pengawas sekolah, Sekretaris Dinas Razali, Kabid Dikdas Dr. Irhamni M.Ag, Kabid PAUD dan TK Mahdalena, Kabid Sarana dan Prasarana Herman M.Pd dan Kabid GTK Helmi. Turut dihadiri tim penilai yakni Asisten III Setdakab Aceh Utara, Adami, M.Pd.

“Setelah selesai presentasi kepala sekolah tingkat SD dan SMP, nantinya presentasi ini juga akan dilaksanakan untuk kepala TK dan PAUD,” kata Jamaluddin, Rabu (02/3/2022).

Jamaluddin mengatakan, salah satu tujuan dari pelaksanaan kegiatan presentasi ini yaitu untuk melihat setingkat manakah kompetensi para kepala sekolah dalam memimpin sekolahnya masing-masing selama ini.

“Penguasaan IT (Information Technologi) sangat penting untuk kepala sekolah, jadi di sini kita juga melihat apakah kepala sekolah sudah menguasai IT,” ujarnya lagi.

Kemudian, lanjut Jamaluddin, kompetensi tentang pengembangan kuantitas siswa, dalam hal kedisiplinan sekolah masing-masing, pengembangan mutu guru, proses pembelajaran, mutu pendidikan serta mutu lulusan.

“Ada tiga kategori yang kita lihat dari hasil presentasi ini, yaitu kategori kelompok kepala sekolah yang super, artinya sudah bagus. Kemudian kategori baik, dan kategori kurang baik,” imbuhnya.

Untuk kategori kinerja yang kurang baik, kata Jamaluddin, nantinya pihak Dinas akan kembali membimbing hingga benar-benar menjadi yang terbaik. Sementara jika tidak ada perubahan setelah pembimbingan nantinya, maka pihak dinas bisa saja melakukan penyegaran dengan tujuan untuk menciptakan mutu di sektor pendidikan yang lebih baik di Aceh Utara.

Kegiatan presentasi tersebut tentunya sangat positif dan bermanfaat, apalagi baru dilaksanakan tahun ini pada kepemimpinan Jamaluddin S.Sos, M.Pd dengan tujuan untuk membenahi sistem pendidikan ke arah yang lebih baik.[]

Komentar