Wakili Pj Bupati Aceh Besar, Staf Ahli Ir Makmun MT Buka Musrenbang Montasik

KOTA JANTHO – Mewakili Penjabat Bupati Aceh Besar Muhammad Iswanto SSTP MM, Staf Ahli Bidang Perekonomian, Keuangan dan Pembangunan Ir. Makmun, MT membuka Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) tahun 2025 Kecamatan Montasik, di Aula UDKP Kecamatan Montasik, Aceh Besar, Rabu (27/3/2024).

Dalam sambutannya, Makmun mengatakan Musrenbang tingkat kecamatan ini merupakan momentum yang tepat untuk menampung masukan dari masyarakat.

“Musrenbang ini adalah forum bagi para pemangku jabatan, tokoh masyarakat untuk menyampaikan usulan pembangunan kepada kabupaten. Jadi forum ini sangat penting, dan jadikan forum Ini sebagai momentum yg tepat untuk menampung masukan,” ujar Ir. Makmun MT.

Keuchik Se-Kecamatan Montasik mengikuti Musrenbang Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) tahun 2025 di Kantor Camat Motasik, Rabu(27/3/2024).

Ia menyampaikan Musrenbang dilaksanakan dalam rangka menyusun perencanaan Kecamatan dalam hal ini bertujuan untuk membahas dan menyepakati program-program usulan yang prioritas yang tercantum dalam daftar usulan masyarakat yang telah di input beberapa waktu yang lalu.

“Tahapan Musrenbang ini harus dilaksanakan, karena ini merupakan amanah undang-undang,” ucapnya.

Makmun berharap dengan adanya musrenbang Kecamatan ini bisa menghimpun program-program yang menjadi prioritas dari Kecamatan serta merekomendasikan kegiatan – kegiatan untuk tahun 2025.

Selanjutnya Makmun juga berharap dengan musrenbang Kecamatan ini dapat meningkatkan sinergitas dan koordinasi yang baik diberbagai unsur agar tujuan akhir dari musrenbang ini dapat mengusulkan dan menyepakati program-program yang berkualitas untuk masyarakat.

“Semoga dengan musrenbang ini dapat meningkatkan sinergitas yang baik diberbagai unsur dan dapat mengusulkan serta menyepakati secara bersama program-program prioritas yang berkualitas untuk masyarakat,” harap Makmun.

Sementara itu di tempat yang sama Camat Montasik Yuslizar, S.Sos mengatakan, Musrenbang ini kita lakukan setiap tahun dan harus kita lakukan karena sistem perencanaan di Indonesia dimulai dari bawah.

“Ini kegiatan tahunan dan wajib dilakukan setiap tahunnya,” ujarnya.

Yuslizar menyampaikan Musrenbang ini dibagi ke dalam tiga kelompok usulan, mulai usulan sosial budaya, ekonomi dan usulan sarana prasana, dan setiap kelompoknya akan di wakili oleh masing-masing gampong.

“Jadi usulan Musrenbang yang kita prioritaskan ini mengacu pada bidang sosial budaya, bidang ekonomi dan bidang sarana prasarana,” jelasnya.

Yuslizar berharap semua yang tertuang dalam usulan Kecamatan Montasik semoga masuk dalam prioritas Kabupaten.

“Kita akan memperjuangkan hasil Musrenbang kecamatan ke tingkat kabupaten, dan semoga saja hasil Musrenbang kita nantinya bisa masuk ke Rancangan Perubahan Anggaran Pendapatan dan Belanja Kabupaten (RAPBK),” pungkas Camat Montasik itu.

Kegiatan ini juga melibatkan, perwakilan Danramil Montasik, Perwakilan Kapolsek Montasik, Imum Mukim, Keuchik dalam kecamatan Montasik dan kepala Puskesmas Montasik dan tokoh masyarakat.(**)

Komentar