Sekda Aceh Besar Bersama KIP Aceh Besar Berkoordinasi untuk Sukseskan Pemilihan Umum Legislatif 2024

ACEH BESAR – Hari Jum’at yang lalu, Sekretaris Daerah (Sekda) Aceh Besar, Drs Sulaimi M.Si, menerima audiensi dari Sekretaris dan tim sekretariat Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh Besar. Pertemuan berlangsung di Aula Dekranasda, Gani, Kecamatan Ingin Jaya, dan membahas persiapan penyelenggaraan tahapan pemilihan umum legislatif, terutama terkait lokasi kampanye rapat umum dan pemasangan alat peraga kampanye (APK). Jum’at, 3 November 2023.

Pertemuan ini dihadiri oleh berbagai pejabat penting, termasuk Asisten I Sekdakab Farhan AP, Asisten III Sekdakab Jamaluddin S.Sos MM, Kepala Pengelolaan Keuangan Daerah Andrea Syahputra SE MM, Kepala Satpol PP Muhajir SSTP, Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Sofian SH, dan Kepala Bagian Hukum Rafzan Amin SH MH.

Sekda Aceh Besar, Drs Sulaimi M.Si, dalam kesempatan ini menjelaskan pentingnya koordinasi antara pemerintah daerah dan KIP Aceh Besar dalam memastikan kelancaran tahapan pemilu, terutama berkaitan dengan kampanye yang melibatkan keramaian. Fokus koordinasi mencakup pemilihan lokasi kampanye, persiapan lapangan, lokasi parkir, dan aspek keamanan yang krusial.

“Penting sekali kita menfasilitasi koordinasi terkait penyuksesan tahapan dan agenda Pemilu ini, apalagi menyangkut agenda rapat umum yang melibatkan keramaian, kita koordinasikan soal tempat, lapangan yang dapat diakses, didukung lokasi parkir, dan rasa aman,” jelas Sekda Sulaimi.

Dalam upaya memastikan ketersediaan lokasi yang memadai, Sekda Sulaimi aktif menghubungi beberapa camat untuk menentukan lokasi kampanye di masing-masing kecamatan. “Kita coba siapkan satu lokasi di masing-masing kecamatan, serta satu lokasi cadangan. Kecamatan yang wilayahnya luas, kita siapkan dua lokasi,” tambahnya.

Plt. Sekretaris KIP Aceh Besar, Emil Wardana, menegaskan peran penting pemerintah daerah dan pihak terkait, termasuk TNI dan Polri, dalam mensukseskan pemilihan umum legislatif 2024. “Dukungan pemerintah dan pihak terkait, TNI Polri sangat penting dalam rangka menyukseskan Pemilihan Umum Legislatif,” ujar Emil.

Hasil koordinasi dari pertemuan ini akan dijadikan dasar untuk penyusunan surat keputusan KIP Aceh Besar mengenai penetapan lokasi kampanye rapat umum dan pemasangan Alat Peraga Kampanye (APK) pada pemilihan umum legislatif Tahun 2024. Terlepas dari tantangan yang dihadapi, koordinasi antara pemerintah daerah dan KIP Aceh Besar menjadi langkah penting dalam memastikan kesuksesan pelaksanaan pemilihan umum legislatif mendatang.

Namun, perlu diingat bahwa saat ini KIP Aceh Besar belum memiliki anggota komisioner yang defenitif, sehingga kebijakan penting lembaga penyelenggara Pemilu Kabupaten Aceh Besar harus mendapatkan persetujuan dari Komisi Independen Pemilihan Provinsi Aceh.[]

Komentar