Program Jaksa Masuk Dayah di Gayo Lues

GAYO LUES – Dalam upaya meningkatkan pemahaman hukum dan mencegah masyarakat dayah terlibat dalam persoalan hukum, di Gayo Lues digelar acara Sosialisasi Penyuluhan Hukum yang diselenggarakan dalam program Jaksa Masuk Dayah (JMD).

Tgk Hamidi, pimpinan Dayah Darul Hijrah di Kabupaten Gayo Lues, menggambarkan pentingnya penyuluhan hukum ini. Tujuannya adalah agar warga dayah, terutama anak-anak, memiliki pemahaman hukum yang cukup untuk menjauhi permasalahan hukum yang bisa merugikan mereka. Dalam acara Sosialisasi Penyuluhan Hukum yang berlangsung pada Minggu (29/10/2023) di Komplek Dayah Darul Hijrah, Kecamatan Blangpegayon, Kabupaten Gayo Lues.

Tgk Hamidi menyatakan, “Maka kami ucapkan ‘Ahlan Wa Sahlan’ bagi Pemerintah Aceh telah memiliki program sosialisasi hukum ini. Program ini alhamdulillah menyentuh kami yang berada di pedalaman Aceh ini. Biasanya, yang kami dengar hanyalah program ABRI Masuk Desa, tetapi hari ini, Jaksa Masuk Dayah akan membantu kami semua.”

Program Jaksa Masuk Dayah, yang merupakan kerjasama antara Dinas Pendidikan Dayah Aceh, Kejati Aceh, dan Bank Aceh Syariah, juga dicanangkan dengan tagline “No Crime in Dayah”. Ini mengisyaratkan tekad untuk menjaga lingkungan dayah bebas dari tindakan kriminal, khususnya kekerasan terhadap sesama.

Ali Rasab Lubis, Kasi Penkum dan Humas Kejati Aceh, menjelaskan, “Janganlah di lingkungan dayah terjadi hal-hal yang tidak kita inginkan, terutama kekerasan terhadap sesama. Maka kami memberikan penyuluhan hukum dengan maksud anak-anak kita dapat berkarya dalam hal-hal positif, ukir prestasi yang dapat membanggakan orang tua, bangsa, dan negara.”

Musmulyadi, Pelaksana Tugas Kepala Dinas Pendidikan Dayah Aceh, dengan semangat mengatakan, “Apa yang kami lakukan merupakan bentuk tanggung jawab dan perhatian kepada anak-anak kami di dayah yang sedang menuntut ilmu. Kepada pimpinan dayah dan para guru, agar dapat meningkatkan pengawasan di dayah dalam menjaga keamanan bersama terhadap anak santri kita. Rasa aman dan tentram di lingkungan dayah merupakan hal yang kita dambakan bersama. Mari kita sama-sama menjaga kemuliaan dayah dengan peran masing-masing semampu kita.”[]

Komentar