Gerhana Matahari Cincin Api: Siaran Langsung dari NASA Malam Ini

DUNIA – Masyarakat di Indonesia akan mendapat kesempatan istimewa untuk menyaksikan Gerhana Matahari Cincin Api, meskipun tidak dapat melihatnya langsung di langit. NASA (Badan Antariksa Amerika Serikat) akan menyiarkan peristiwa langka ini secara langsung melalui berbagai platform, termasuk website resmi dan aplikasi NASA serta akun media sosial. Sabtu, 14 Oktober 2023.

Gerhana Matahari Cincin Api terjadi ketika Bulan berada di titik terjauh orbitnya, sehingga tidak dapat menutupi sepenuhnya permukaan Matahari. Hasilnya adalah cahaya Matahari yang membentuk cincin api yang mengelilingi Bulan. Fenomena ini akan dimulai pada pukul 22:30 WIB (11:30 ET) dan akan disiarkan dari tiga lokasi di Amerika Serikat: Albuquerque, New Mexico, Kirbyville, Texas, dan White Sands.

Bagi Anda yang ingin menyaksikan gerhana ini secara langsung melalui siaran langsung NASA, jangan lupa untuk mempersiapkan perlindungan mata yang tepat. Melihat langsung matahari selama gerhana bisa merusak mata Anda. Gunakan kacamata gerhana bersertifikat, teleskop, atau kamera dengan filter Matahari khusus untuk melindungi mata Anda saat menikmati momen spektakuler ini.

Selain di Amerika Serikat, gerhana ini juga dapat dilihat di sejumlah wilayah Amerika Utara, termasuk Oregon, Nevada, Utah, New Mexico, Texas, California, Idaho, Colorado, dan Arizona. Fenomena ini juga dapat disaksikan di beberapa negara Amerika Tengah seperti Meksiko, Belize, Honduras, Panama, dan Kolombia, sebelum berakhir di lepas pantai Atlantik Amerika Selatan di Natal, Brasil.

Berikut sejumlah akun resmi media sosial mili NASA. Yakni X atau Twitter (https://twitter.com/nasa), Facebook (https://www.facebook.com/events/257401430535836), dan Youtube (https://www.youtube.com/watch?v=LlY79zjud-Q).[]

 

Disclaimer : Artikel ini pernah tayang di CNBC Indonesia dengan judul artikel : Gerhana Cincin Api Hari Ini, Cek Cara Menyaksikan dari RI!

 

Komentar