Panwaslih Aceh Utara Ajak Wartawan Berpartisipasi dalam Pengawasan Pemilu

ACEH UTARA – Panitia Pengawas Pemilihan (Panwaslih) Kabupaten Aceh Utara mengadakan kegiatan sosialisasi pengawasan Pemilu partisipatif dengan sejumlah wartawan Aceh Utara dan Kota Lhokseumawe, Jum’at (22/9/2023).

Kegiatan itu diadakan di kantor Panwaslih Aceh Utara di Kecamatan Syamtalira Aron. Hadir sejumlah wartawan dari berbagai organisasi seperti Persatuan Wartawan Indonesia (PWI), Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Lhokseumawe, Persatuan Wartawan Aceh (PWA), Persatuan Pewarta Warga Indonesia (PPWI) dan beberapa lainnya.

Dua Komisioner Panwaslih Aceh Utara Safwani, S.Pdi dan Hazmi Abdullah Cut Agam didampingi Kepala Sekretariat Raman TB menyampaikan tujuan mengundang rekan-rekan wartawan dalam acara tersebut untuk bersilaturahmi sekaligus mengajak kerjasama perihal pengawasan Pemilu 2024.

Mereka juga berharap kepada para wartawan agar sama-sama menyukseskan Pemilu 2024 mendatang dan turut berpartisipasi dalam pengawasan Pemilu partisipatif.

Kegiatan sosialisasi pengawasan Pemilu partisipatif tersebut, kata Safwani, perdana dilaksanakan oleh Panwaslih Aceh Utara usai dilantik. Para komisioner dan wartawan berbincang santai sambil bertanya perihal pengalaman pengawasan Pemilu tahun sebelumnya.

Muhammad Nasir alias Cut T, menjadi pemateri dalam kegiatan Sosialisasi pengawasan Pemilu partisipatif tersebut. Jurnalis SCTV itu dalam pemaparannya memberikan sekilas pemahaman tentang kegiatan wartawan dalam pengawasan Pemilu.

Dia berujar kemerdekaan pers adalah salah satu wujud kedaulatan rakyat yang berasaskan prinsip demokrasi, keadilan, dan supremasi hukum, pasal 2 UU no 40/99. Pers juga merupakan pilar keempat demokrasi yang tentunya akan bekerja independen.[]

Komentar