Pj Bupati Aceh Utara Tinjau ANBK di SMPN 1 Syamtalira Bayu

ACEH UTARA – Penjabat Bupati Aceh Utara Dr Drs Mahyuzar, MSi, meninjau pelaksanaan Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) yang mulai berlangsung pada Senin, 18 September 2023.

Peninjauan secara langsung dilakukan di sekolah SMP Negeri 1 Syamtalira Bayu dan di SMP Negeri 1 Samudera. Dalam kegiatan itu Pj Bupati Mahyuzar turut didampingi oleh Asisten I Setdakab Dayan Albar, SSos, MAP, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Jamaluddin, SSos, MPd, Kabid Kebudayaan pada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Yulizar, SSos, MSi, Kabag Humas Muslem, SSos, MM, Camat Syamtalira Bayu Surya Pachta, SSTP, Camat Samudera Ilyas, SE, dan sejumlah pejabat terkait.

Kedatangan Pj Bupati Mahyuzar di sekolah SMP Negeri 1 Syamtalira Bayu beberapa saat setelah para siswa mulai mengikuti ujian ANBK di ruang laboratorium komputer. Mahyuzar disambut langsung oleh Kepala Sekolah SMP Negeri 1 Syamtalira Bayu Yusmadi, SPd.I, MAP, bersama sejumlah guru dan tenaga kependidikan setempat.

Kepada Pj Bupati, Yusmadi melaporkan bahwa jumlah siswa yang mengikuti ANBK di sekolah itu sebanyak 45 orang. Pelaksanaan ANBK tersebut dibagi dalam dua sesi, dengan setiap sesi masing-masing 23 orang dan 22 orang. Hal itu dilakukan sesuai dengan jumlah fasilitas komputer yang tersedia dan terkoneksi dengan internet.

Setelah melakukan peninjauan dan melihat langsung para siswa yang sedang mengikuti ujian ANBK, Pj Bupati Mahyuzar berharap hasilnya bisa meningkatkan mutu pendidikan di sekolah dan di Kabupaten Aceh Utara secara keseluruhan.

“Mudah-mudahan ANBK tahun 2023 ini bisa berjalan dengan lancar dan semua siswa kita di Aceh Utara bisa menjawab dengan baik,” ungkap Mahyuzar.

Usai meninjau ANBK di SMP Negeri 1 Syamtalira Bayu, Pj Bupati Mahyuzar melakukan kegiatan yang sama ke SMP Negeri 1 Samudera. Pada kesempatan itu Mahyuzar turut menanyakan langsung kepada para guru dan pengawas tentang pelaksanaan ANBK. Jjumlah siswa yang mengikuti ANBK di sini sebanyak 51 orang. “Alhamdulillah, pelaksanaan ANBK lancar dan kita berharap anak-anak kita semuanya sukses menghadapi ANBK ini,” kata Mahyuzar.

Sementara Sekretaris Daerah Kabupaten Aceh Utara Dr A Murtala, MSi, juga melakukan tinjauan pelaksanaan ANBK di wilayah barat Aceh Utara, yakni di SMP Negeri 1 Dewantara dan di SMP Negeri 8 Sawang. Pada kesempatan itu Sekda Murtala didampingi oleh pejabat Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Camat dan pejabat Muspika setempat.

Secara terpisah Sekda Murtala mengatakan pelaksanaan ANBK di Aceh Utara berlangsung lancar, baik di sekolah-sekolah kawasan perkotaan maupun di sekolah yang agak pedalaman. Rata-rata sekolah sudah memiliki laboratorium komputer dan terkoneksi internet sehingga sangat mendukung kelancaran pelaksanaan ANBK.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Aceh Utara Jamaluddin, SSos, MPd, mengatakan dengan adanya kunjungan Pj Bupati dan Sekda ke sekolah-sekolah yang sedang melaksanakan ANBK diharapkan dapat mendorong semangat dan motivasi bagi siswa maupun para guru. “Kita harapkan anak didik bisa menjawab soal sesuai yang diketahui, ini nantinya hasilnya akan menjadi rapot sekolah dan kemudian menjadi rapot kabupaten dalam pembangunan pendidikan,” ungkapnya.[]

Komentar