Disdikbud Bersama Bunda PAUD Pidie Gelar Pentas Seni Anak

Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) bersama Bunda Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Kabupaten Pidie, menggelar pentas seni tingkat TK/RA se-Kabupaten Pidie, Jum’at (01/09/2023).

Pentas seni ini dalam rangka Hari Pendidikan Daerah (Hardikda) ke-64, juga merupakan serangkaian kegiatan dari program kerja Bunda PAUD Pidie.

Kegiatan ini juga bagian dari kurikulum merdeka dan merupakan perwujudan dari Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5), hasilnya tidak hanya produk, terapi juga berupa karakter, keterampilan menulis dan berbicara, pertunjukan pentas, dan pembiasaan Baik.

Turut hadir dan menyaksikan acara ini bersama Bunda PAUD, Ny. Hj. Suaidah Sulaiman, dan Kadisdikbud Pidie, H. Yusmadi Kasem, S.Pd., M.Pd., yaitu, Plt. Ketua DWP, Ny. Saptati Rengganis Samsul Azhar, Sp., Ketua Persit KCK Cab XIX Dim 0102/Pidie.

Kemudian, Ketua Cabang Bhayangkari Pidie, Ketua Adhyaksa Dharmakarini, Ketua Dharmayukti Karini, Ketua DWP Kemenag, serta mewakili DP3AKB dan mewakili Dinkes.

“Pentas seni ini merupakan wadah sekaligus ajang kreativitas anak. Di Kegiatan inilah anak-anak usia dini berekpresi menunjukkan bakat, minat dan potensinya, sesuai kemampuan dan kesenangan si anak”, Sebut Kadisdikbud Pidie, H. Yusmadi Kasem.

“Satu tim satu tujuan, Transisi PAUD ke SD yang menyenangkan. Salam Pidie Mulia”, ucap H. Yusmadi Kasem.

Sementara itu, Bunda PAUD Pidie, Ny. Hj. Suaidah Sulaiman, yang merupakan istri Pj Bupati Pidie, memberikan apresiasi kepada semua pihak atas terselenggaranya kegiatan ini.

“Anak usia dini perlu diberikan ruang gerak yang lebih luas untuk mengekspresikan bakat, minat dan talenta yang mereka miliki, sehingga nantinya bisa melahirkan anak cerdas berbakat dan memiliki akhlak mulia”, sebut Bunda PAUD.

Dikutip dari laporan Panpel, Apresiasi Pentas Seni ini diikuti oleh 213 anak, tergabung dalam beberapa group dari 9 Wilayah PKG dan 3 Gugus dalam Kabupaten Pidie.

Cabang yang diperlombakan meliputi, Puitisasi Al-Qur’an, Gerak dan Lagu, serta Peragaan Busana Muslim.

Adapun juara hasil penilaian dewan juri dalam lomba Apresiasi Pentas Seni cilik ini, untuk Puitisasi Al-Qur’an sebagai Juara 1 dari PKG Wilayah III, Juara 2 PKG Wilayah VIII, Juara 3 PKG Wilayah II, Harapan I Wilayah II RA, dan Harapan II Wilayah V RA.

Untuk lomba Gerak dan Lagu, sebagai Juara 1 dari PKG Wilayah III, Juara 2 PKG Wilayah VI, Juara 3 PKG Wilayah VIII, Harapan I PKG Wilayah IX, Harapan II PKG Wilayah I.

Sedangkan pemenang lomba Peragaan Busana Muslim, sebagai juara 1 dari PKG Wilayah III, Juara 2 PKG Wilayah IX,
Juara 3 PKG Wilayah IV,
Harapan 1 RA Wilayah II, Harapan 2 PKG Wilayah VIII.

Hadiah kepada pemenang lomba akan diberikan pada puncak peringatan Hardikda ke-64 Kabupaten Pidie pada Sabtu 02 September 2023 di PCC Sigli. Bersamaan juga penyerahan penghargaan kepada siswa- siswi Pidie lainnya yang berprestasi, dengan berbagai lomba, baik tingkat daerah maupun nasional, oleh Pj Bupati Pidie.

Komentar