Konflik Gajah dan Manusia Kembali Terjadi di Aceh Jaya, Sawah Warga Rusak

ACEH JAYA – Konflik antara kawanan gajah lilar dan manusia kembali terjadi di Kabupaten Aceh Jaya. Lahan persawahan warga di Gampong Cot Dulang, Kecamatan Jaya, diduga dirusak.

Warga Gampong Cot Dulang, Muhammad Taufik mengatakan, kawanan gajah mulai terlihat seja Senin, 27 Maret 2023 dan hingga hari ini masih berada di seputaran persawahan.

“Gajah liar turun ke Gampong Cot Dulang dan mengganggu tanaman padi masyarakat yang sudah hampir panen. sejak 27 Maret 2023, sudah beberapa hari masih berkeliaran di sini,” kata Taufik, Jum’at 30 Maret 2023.

Dikatakannya, warga desa Pembinaan Tenaga Pengamanan Hutan (Pamhut) wilayah Kesatuan Pengelolaan hutan (KPH) I Aceh juga sudah kewalahan mengusir gajah liar dengan alat seadanya.

“Hingga hari ini gajah liar itu masih berkeliaran di daerah itu, masyarakat mulai kewalahan mengusirnya karena tidak mau pindah, malah warga bersama Pamhut setiap setengah jam sekali turun untuk mengusirnya,” ucap Taufik.

Akibat dari amukan gajah liar tersebut, sawah dari tiga pemilik yang hampir siap panen tersebut rusak parah hingga kerugian ditaksir mencapai Rp20 juta.

“Ada tiga pemiliknya, untuk kerugiannya diperkiraan mencapai Rp20 juta,” pungkas Taufik.

 AJNN

Komentar