Sembako di Pasar Lambaro Masih Stabil, Iswanto Pastikan Stok Aman selama Ramadhan

JANTHO – Pergerakan harga bahan pokok di Pasar Induk Lambaro, Aceh Besar, memasuki minggu pertama Ramadhan masih terpantau stabil. Hal itu diketahui setelah Pj Bupati Aceh Besar, Muhammad Iswanto melakukan pengecekan di Pasar Induk Lambaro, Rabu (29/3/2023).

“Berdasarkan hasil pemantauan, secara umum harga dan ketersediaan bahan pokok masih stabil,” kata Iswanto.

Meski demikian, disebutkannya, beberapa komoditas ada yang mengalami penurunan harga, seperti cabai merah dan bawang merah. Untuk cabai rawit dijual Rp 20.000 per kilo, cabai merah Rp 22.000, bawang merah Rp 25.000 dan bawang putih Rp 28.000.

Informasi yang dia peroleh dari pedagang, turunnya harga cabai terjadi karena sedang berlangsungnya puncak panen di berbagai daerah, ditambah lagi dengan permintaannya yang kurang. Harga daging sapi juga mengalami penurunan, dari Rp 180.000 per kg menjadi Rp 145.000, sedangkan daging ayam Rp 50.000/ekor.

Iswanto menjelaskan, pengecekan yang dilakukan pihaknya itu untuk memastikan ketersediaan bahan pokok dalam keadaan stabil di bulan puasa dan menjelang Lebaran Idul Fitri. “Pengecekan ini dilakukan untuk memantau ketersediaan serta memastikan bahan pokok kebutuhan sehari-hari dalam keadaan stabil di bulan puasa dan menjelang hari raya nanti,” ucapnya.

Dengan kondisi tersebut, Iswanto menyebutkan bahwa ketersediaan stok bahan pokok di Aceh Besar selama Ramadhan dipastikan aman dan cukup untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. “Kita akan pantau terus perkembangannya,” tambah dia.

Pj Bupati juga mengimbau kepada seluruh pedagang maupun distributor agar jangan menaikan harga bahan pokok tidak sesuai dengan ketentuan, atau pun menimbun barang sehingga dapat merugikan masyarakat. Ia memastikan akan ada sanksi tegas bagi pelaku kejahatan tersebut.

Iswanto juga mengingatkan pedagang pembuat makanan berbuka puasa untuk tidak menggunakan bahan-bahan berformalin atau sejenisnya yang dapat membahayakan kesehatan.

“Kegiatan ini tentunya untuk mendukung kebijakan pemerintah dalam mengendalikan harga dan inflasi sehingga tidak memberatkan masyarakat,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Pj Bupati Iswanto berharap agar kehadirannya ini dapat memberikan dampak positif untuk ketersediaan bahan pangan selama bulan puasa dan dapat memonitor stabilitas harga bahan pokok yang tidak memberatkan kantong masyarakat.(iw)

SERAMBINEWS.COM

Komentar