Kawanan Gajah Liar Kembali Obrak-abrik Kebun Sawit Warga di Aceh Jaya

ACEH JAYA – Kawanan gajah liar kembali menjarah perkebunan warga di Desa Alue Meuraksa, Kecamatan Teunom, Kabupaten Aceh Jaya.

Kawanan gajah liar yang diperkirakan belasan ekor tersebut merusak tanaman sawit milik 4 warga desa setempat pada Selasa, 28 Februari 2023.

“Tanaman sawit yang dirusak milik 4 warga desa Alue Meuraksa, dengan luasan lahan sekitar 3 hektare,” kata Jurial (32) warga Desa Alue Meuraksa, Kamis, 2 Maret 2023.

Menurutnya, kawanan gajah yang diperkirakan sekitar 12 ekor tersebut sudah sangat sering mengganggu tanaman warga terutama tanam sawit dan pohon kelapa hingga rusak parah.

“Dua minggu lalu juga sempat dirusakin tanaman sawit yang hanya berjarak sekitar 300 meter dari pemukiman penduduk,” ungkap Jurial.

Menurut Jurial, hingga hari ini belum ada tindakan apapun dari pihak terkait untuk menghalau atau mengusir kawanan gajah tersebut, sementara laporan sudah disampaikan sejak tanaman dirusak. 

“Kami warga desa juga bingung harus gimana, apalagi gajah salah satu hewan yang dilindungi, tapi jika dibiarkan masyarakat akan terus dirugikan,” pungkasnya.

Komentar