Lahan Perkebunan Sawit Warga di Aceh Singkil Terbakar

ACEH SINGKIL – Lahan perkebunan kelapa sawit milik warga di kawasan Gampong Pemuka, Kecamatan Singkil, Kabupaten Aceh Singkil, terbakar, pada Senin, Februari 2023. Kebakaran diduga akibat kelalaian.

Pusdalops PB Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Aceh Singkil, Rosiana Kusuma Wardani mengatakan, kondisi lahan dari lokasi kebakaran merupakan kawasan perkebunan sawit dengan struktur tanah gambut.

Kuat dugaan, kebakaran yang terjadi sekitar pukul 14.00 WIB tersebut akibat kelalaian warga. Ditambah lagi, Kabupaten Aceh Singkil sedang mengalami musim kemarau dengan kondisi suhu saat kejadian sekitar 28 hingga 30 derajat celcius.

“Lokasi ini juga kerap terjadi kebakaran lahan, entah apa sebabnya, namun kuat dugaan akibat kelalaian dan kurangnya perhatian,” kata Rosiana, pada Senin, 27 Februari 2023.

“Masyarakat Pemilik lahan perkebunan yang terbakar diketahui bernama Afsah,” imbuhnya.

Api yang membakar lebih kurang satu hektare lahan perkebunan sawit tersebut baru dapat dipadamkan sekitar pukul 18.00 WIB, usai dikerahkan tiga unit mobil pemadam kebakaran (Damkar). Kebakaran dikatakan Rosiana, tak sampai merambat ke lahan perkebunan lain.

“Selama proses pemadaman kepulan asap cukup banyak, dan mengundang perhatian warga setempat dan pengendara yang melintas.

Mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan (Karhutla), Rosiana mengimbau masyarakat pemilik lahan tidak sembarangan membakar ketika membersihkan lahan. Kondisi cuaca tetap harus diperhatikan.

“Saya berharap mari kita jaga bersama-sama lingkungan kita untuk tidak sembarangan membakar lahan, demi keselamatan kita semua,” ujarnya.

Ajnn

Komentar