Banjir di Aceh Singkil Meluas, Warga Diimbau Waspada

ACEH SINGKIL – Banjir yang disebabkan oleh hujan deras dan banjir kiriman telah melanda sejumlah desa di Kecamatan Simpang Kanan dan Kecamatan Gunung Meriah, Kabupaten Aceh Singkil, pada Minggu, 7 Mei 2023.

Banjir tersebut mengakibatkan terendamnya sebagian rumah masyarakat dan jalan antar desa sehingga kendaraan roda dua dan roda empat tidak bisa melintas di beberapa daerah.

Pusdalops BPBD Kabupaten Aceh Singkil, Rosiana Kusumawardani, kepada AJNN, mengatakan lokasi banjir di Kecamatan Simpang Kanan meliputi Desa Lae Riman, Desa Silatong, Desa Ujung Limus, dan Desa Tanjung Mas.

Kemudian Desa Serasah, dan Desa Cibubukan. Banjir terus meluas ke Kecamatan Gunung Meriah yang meliputi dua desa yang terdampak banjir, yaitu Desa Rimo dan Desa Cingkam.

Meskipun tidak ada korban jiwa, banjir membuat sebagian warga mengungsi kedaratan yang lebih tinggi, namun berapa orang yang mengungsi masih dalam pendataan oleh pihak BPBD.

“Tinggi air di lokasi banjir berkisar antara 60 cm hingga 1,5 meter dari dasar tanah,” ujar Rosiana.

BPBD Kabupaten Aceh Singkil telah menurunkan Tim TRC BPBD ke lokasi banjir dan melakukan koordinasi, pelaporan, serta pendataan terkait dampak banjir. Saat ini, banjir masih terjadi di beberapa daerah terdampak.

Kondisi cuaca di Kabupaten Aceh Singkil pada saat ini berawan hingga hujan sedang, dengan suhu mencapai 32°C, kelembaban 60%, kecepatan angin 10 km/jam, dan arah angin dari barat daya.

Warga di daerah terdampak banjir diimbau untuk tetap waspada dan berhati-hati terhadap kondisi cuaca yang masih berpotensi hujan deras.

Selain itu, pihak BPBD juga terus memantau situasi banjir untuk memastikan keselamatan masyarakat dan mengambil langkah-langkah pencegahan lebih lanjut.

AJNN

Komentar