91 Desa di Aceh Singkil Salurkan BLT Ekstrim Tahap Pertama

ACEH SINGKIL – 91 dari 116 desa keseluruhan di Aceh Singkil menyalurkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) Ekstrim tahap pertama tahun anggaran 2023. Penyerahan bantuan secara simbolis diserahkan di sejumlah kecamatan, pada Selasa, 28 Februari 2023.

Kepala Bidang Kerjasama Adminitrasi Mukim dan Kampung Dinas Pemberdayaan Masyarakat Kampung (DPMK) Aceh Singkil, Afiuddin Hendra mengatakan, jumlah desa dan kecamatan serta besaran BLT yang akan dibagikan merata di 11 kecamatan untuk 91 dari 116 desa.

“Dengan jumlah total mencapai Rp2.524.500 miliar dan tahap pertama ini setiap keluarga penerima manfaat (KPM) mendapat Rp300 ribu per bulan tiga bulan, sekali cair. Berarti jumlah yang diterima sebesar Rp900 ribu terhitung mulai bulan Januari hingga Maret 2023,” kata Hendra.

“Dari 116 desa, masih ada 25 desa yang belum bisa disalurkan BLT, karena APB-Kamnya belum diselesaikan ataupun disahkan, sehingga belum bisa melakukan penarikan,” imbuhnya.

Kepala DPMK Aceh Singkil Azwir, merasa sangat bersyukur karena dalam historis desa tercepat merealisasikan anggarannya di tahun 2023 ini.

Sehubungan dengan itu, pihaknya dikatakan Azwir, bakal lakukan pemanggilan bagi desa lain yang belum ada penarikan dan pengesahan.

“Untuk percepatan pencairan, desa-desa yang belum penyelesaian atau pengesahan APB-Kam akan kita panggil untuk dilakukan fasilitasi, agar bisa segera melakukan pengajuan anggaran dan dan BLT tahap satu ini,” tegas Azwir.

Komentar