Pj. Bupati Bireuen Mutasi Sejumlah Kadis, Ini Nama dan Jabatannya

BIREUEN – Pj Bupati Bireuen, Aulia Sofyan PhD untuk pertama kalinya setelah enam bulan menjabat sebagai Pj Bupati Bireuen, Selasa (14/2/2023), melantik 13 pejabat eselon II, yang seluruhnya rotasi antardinas di lingkungan Pemkab Bireuen.

Selain 13 pejabat eselon II, Pj Bupati juga melantik empat pejabat eselon III dan 12 pejabat eselon IV serta dua Kepala UPTD Puskesmas.

Pelantikan dan pengambilan sumpah/janji jabatan pimpinan tinggi pratama, administrator, pengawas dan kepala UPTD Puskesmas di lingkungan Pemkab Bireuen, berlangsung di Oproom Kantor Bupati Bireuen.

Pejabat Eselon II yang dirotasi yaitu, Ir M Jafar MM sebagai Kepala Dinas Pangan, Kelautan dan Perikanan Bireuen, menggantikan Ir Mukhtar MSi, (sebelumnya M Jafar menjabat Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekretariat Daerah Kabupaten Bireuen), Dailami S.Hut sebagai Asisten Perekonomian dan Pembangunan (sebelumnya, Asisten Administrasi Umum).

Muslim MSi dilantik menjadi Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Bireuen, sebelumnya Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Bireuen, jabatannya digantikan Bob Mizwar SSTP, MSi, yang sebelumnya menjabat Kepala Dinas Sosial Bireuen, yang kini diduduki Ismunandar, ST MT, yang sebelumnya sebagai Kadis Perhubungan Bireuen.

Sementara itu, Kadis Perhubungan Bireuen sekarang dijabat Drs Murdani, yang sebelumnya sebagai Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Bireuen.

Ir Alie Basyah MSi menjabat sebagai Kadis Lingkungan Hidup dan Kehutanan Bireuen, sebelumnya Kadis Perdagangan, Perindustrian, Koperasi dan UKM Bireuen.

Posisi yang ditinggalkan Alie Basyah kini diisi Irfan SPd MPd yang sebelumnya menduduki jabatan Kadis Perpustakaan dan Kearsipan Bireuen, yang kini dipegang Drs M. Nasir (sebelumnya dipercaya sebagai Kadis Pemuda, Olahraga dan Pariwisata Bireuen).

Jabatan yang ditinggalkannya itu kini diamanahkan kepada Muhammad Almuttaqin SPd MPd sebagai Kepala Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata Bireuen, sebelumnya Kadis PK Bireuen.

Mawardi SSTP MSi sebagai Kepala Badan Pengelolaan Keuangan Daerah, menggantikan Zamri SE, yang kini menjabat Asisten Administrasi Umum Setdakab Bireuen.

Ir Mukhtar MSi menjabat Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat, Gampong, Perempuan dan Keluarga Berencana Bireuen menggantikan Mawardi.

Pj Bupati Bireuen, Aulia Sofyan dalam sambutannya menyebutkan, pengambilan sumpah jabatan para pejabat hari ini untuk menindaklanjuti hasil evaluasi kinerja, penilaian kualifikasi, test kompetensi dan uji kesesuaian (Job Fit) yang telah diikuti oleh pejabat pimpinan tinggi pratama beberapa waktu yang lalu.

Dikatakannya, pelantikan pejabat pimpinan tinggi pratama hari ini telah mendapat rekomendasi dari Ketua Komisioner Aparatur Sipil Negara (KASN), Nomor B4392/JP.00.01/12/2022 tanggal 15 Desember 2022 perihal Rekomendasi Hasil Uji Kompetensi Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama (PPTP) dalam rangka rotasi atau mutasi dan tetap pada jabatan di lingkungan Pemerintah Kabupaten Bireuen.

Kemudian, surat Menteri Dalam Negeri Nomor 100.2.2.6/228/SJ tanggal 13 Januari 2023 perihal Persetujuan Pelantikan Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama (PTP) di Lingkungan Permintah daerah Kabupaten Bireuen. Surat BKN Nomor 1355/B-AK.02.02/SD/K/2023 Tanggal 1 Februari 2023 Perihal Pertimbangan Teknis Pengangkatan Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama (PPTP) dan Pejabat Administrator di lingkungan Pemerintah Bireuen.

“Tiga bulan lebih waktu yang dibutuhkan untuk memproses rotasi hari ini, dari 80 nama lebih yang kami ajukan, yang disetujui 31 nama. Proses ini butuh waktu dan energi serta melelahkan. Karena itu kalau dipikir-pikur lagi tidak perlu ada mutasi lagi” ungkap Aulia.

Aulia Sofyan menyebutkan, mungkin ada pejabat yang tidak puas dan tidak senang dengan posisi yang baru, dia memohon pengertiannya dan agar pejabat yang dirotasi menerima dengan iklas jabatannya saat ini.

Tampak hadir pada pelantikan tersebut Kepala Kejaksaan Negeri Bireuen H Munawal Hadi SH MH, Asisten I, Mulyadi SH MH, dan Inspektur, Inspektorat Bireuen Hanafiah SP.

Komentar