Jemaah Haji Asal Bireuen Meninggal Dunia Usai Dirawat di Arab Saudi  

BANDA ACEH – Rohani binti Ibrahim Umar (66), jemaah haji asal Kabupaten Bireuen, meninggal dunia usai menjalani perawatan di Arab Saudi, Rabu, 12 Juli 2023.

“Rohani seharusnya sudah kembali ke Aceh pada 9 Juli 2023, tapi ditunda karena masih menjalani perawatan di Kantor Kesehatan Haji (KKHI) Mekkah,” kata  Ketua Petugas Penyelenggara Ibadah Haji Indonesia (PPIH) Aceh, Azhari.

Azhari menyampaikan, pemilik paspor C6320317 tersebut tergabung dalam kelompok terbang (kloter) 06-BTJ. Ia meninggal dunia di Rumah Sakit King Abdul Aziz, Mekah, pukul 09.30 waktu setempat.

Dalam sertifikat kematian (CoD) yang dikeluarkan KKHI Mekkah, almarhum diduga asidosis metabolik akut (severe metabolic acidosis), karena terganggunya aliran darah (septic shock) dan gagal ginjal kronis (chronic kidney disease).

“Ia dirujuk ke RS King Abdul Aziz pada 11 Juli 2023,” ungkap Azhari.

Sebelumnya, kata Azhari,, Rohani pernah dirawat di RS Al Noer, Makkah, sejak 29 Juni 2023 setelah puncak pelaksanaan ibadah haji. Setelah dirawat 3 hari, kemudian dipindahkan ke KKHI Mekkah pada 3 Juli 2023. 

Sebagaimana diketahui, Rohani juga pernah dirawat di Madinah sejak 30 Mei 2023, sehari setelah tiba di Madinah dari Aceh. Setelah keberangkatan ke Mekah, Rohani dirawat di KKHI Mekkah sejak 9 Juni sampai 23 Juni 2023 menjelang puncak haji.

Kakanwil Kemenag Aceh itu juga mengatakan, bahwa pihak maktab sudah melakukan proses pengurusan jenazah dan fardu kifayah. 

“Almarhumah dimakamkan di Syaraya,” ujar Azhari.

Selain itu, Azhari mencatat bahwa jemaah haji Aceh yang meninggal dunia di Arab Saudi bertambah menjadi sembilan orang.

AJNN

Komentar