Prabowo dan Anies Jadi 2 Bakal Capres Pemegang Tiket Pilpres 2024

Jakarta – Setelah PKS mendeklarasikan dukungan untuk pencapresan Anies Baswedan, maka sudah ada dua bakal capres yang mengantongi dukungan secara memadai, yakni Prabowo Subianto dan Anies.

Kepada publik, PKS menyampaikan dukungan untuk pencapresan Anies dalam jumpa pers di Jakarta, Senin (30/1/2023). Juru Bicara Tim Anies Baswedan, Sudirman Said, menyambut dukungan PKS ini.

“Pada hari ini Pak Anies adalah bakal calon presiden yang pertama yang mendapatkan dukungan resmi dalam jumlah yang cukup. Ini artinya, bahtera perjuangan Koalisi Perubahan segera bersiap untuk berlayar menempuh berbagai tantangan,” tutur Sudirman Said.

Untuk mengajukan capres-cawapres, partai atau koalisi partai harus memenuhi syarat minimal yakni ambang batas pencapresan atau presidential threshold. Ambang batasnya adalah 20% kursi DPR atau 25% suara nasional dari pemilu sebelumnya.

Pendukung Anies di Koalisi Perubahan terdiri dari PKS, NasDem, dan Partai Demokrat. PKS punya 8,7% suara DPR, ditambah Partai NasDem 10,26% suara DPR, dan Partai Demokrat dengan 9,39% suara di DPR. Total suara dari Koalisi Perubahan sudah 28,35% atau melampaui ambang batas pencapresan 20% kursi DPR.

Selain Anies, ada Prabowo Subianto yang sudah mengantongi dukungan gabungan partai, yakni dari partainya sendiri Partai Gerindra plus PKB. Gerindra punya 13,57% suara di DPR ditambah PKB yang punya 10,09% suara. Total ada 24,47% suara DPR atau melampui ambang batas pencapresan 20% kursi DPR.

Komentar