Ketua Komisi 1 DPRK Aceh Besar Apresiasi Pengelolaan Dana Gampong Ateuk Cut Dalam Tanggani Sampah

Aceh Besar – Keberhasilan Kepala desa Bersama Aparatur desa Gampong Ateuk Cut, Kecamatan Simpang Tiga, mengelola dana desa dalam menangani sampah rumah tangga melalui bank sampah, mendapat apresiasi khusus dari ketua Komisi I DPRK Aceh Besar Nabhani S.IKom.

Menurutnya pengelolaan bank sampah dengan maksimal dapat mengurangi volume sampah rumah tangga yang semakin menggunung di Tempat Pembuangan Akhir (TPA).

Sampah yang semakin banyak tentu akan menimbulkan banyak masalah, sehingga memerlukan pengolahan seperti membuat sampah menjadi bahan yang berguna. 

Pengelolaan sampah dengan sistem bank sampah ini diharapkan mampu membantu pemerintah dalam menangani sampah dan meningkatkan ekonomi masyarakat ujar Nabhani atau biasa disapa pak bhen.

Tujuan utama pendirian bank sampah adalah untuk membantu menangani pengolahan sampah dan tujuan bank sampah selanjutnya adalah untuk menyadarkan masyarakat akan lingkungan yang sehat, rapi, dan bersih, ujarnya.

Pak Bhen juga mengatakan di masa pandemi Covid-19 produksi sampah rumah tangga meningkat. Untuk mengatasi hal tersebut perlu memaksimalkan peran Badan Usaha Milik Gampong/ Desa (BUMDes) dan Bank Sampah yang ada di Gampong Ateuk Cut.

Dia mengharapkan dari program tersebut dapat menggugah kesadaran masyarakat untuk peduli, sehingga ke depan tidak ada lagi sampah yang berserakan karena sangat berbahaya bagi lingkungan sekitar.

 “Kami mendorong agar soal sampah dikelola dengan baik, anggaranya dari APBK juga melalui Dana Desa dapat digunakan untuk pembiayaan usaha pengelolaan dan pengolahan sampah setiap Gampong,” harap Pak bhen, Selasa 15 Maret 2022.

Sementara itu, Keuchik Gampong Ateuk Cut, Nurddin mengakui selain membersihkan tumpukan sampah, Pemerintah Gampong Ateuk  Cut juga membuat pengumuman berisi larangan membuang sampah di pinggir jalan.

Lanjut Keuchik Nurddin, mereka yang membuang sampah sembarangan sebenarnya warga Ateuk Cut karena Pemerintah Gampong sebenarnya telah menyiapkan bank sampah dan tim kebersihan untuk menjaga keindahan jalan Gampong.

Keuchik Nurddin berharap dukungan dari semua pihak, terutama Pemkab Aceh Besar untuk mendukung penyediaan sarana agar penditribusian sampah berjalan lancar hingga ke TPA.

“Kami terus mengimbau kepada masyarakat Gampong Ateuk Cut untuk saling mengingatkan dan secara bersama-sama menjaga kebersihan lingkungan. Demi tujuan terciptanya Gampong yang bersih dan asri,” harap Keuchik Nurddin.

Komentar