2 Kunci Utama Lolos SNMPTN Versi Rektor Unair

Jakarta – Rektor Universitas Airlangga (Unair) Mohammad Nasih menyampaikan kunci utama seorang calon mahasiswa bisa diterima di Unair melalui jalur SNMPTN.

Kunci pertama menurut Nasih yakni indeks atau prestasi sekolah. “Kedua prestasi siswa tersebut di sekolah. Tidak ada indikator selain dua ini kunci ini,” ujar Nasih dalam dalam pembukaan Airlangga Education Expo yang digelar secara hibrid, Jumat (18/2/2022).

Guru besar bidang Ilmu Akuntansi itu menuturkan, panitia akan mengurutkan SMA itu berdasarkan indeks atau peringkat dimulai yang terbaik. Setelah itu, pelamar di masing-masing sekolah akan diurutkan juga peringkatnya.

“Misalnya Fakultas Ekonomi dan Bisnis, diurutkan dulu 500 sekolah tertinggi, akan diambil siswa yang rangking satu. Kalau belum cukup (kuota) diputar lagi untuk siswa urutan kedua. Sekarang 250 sekolah terbaik. Dan seterusnya,” ujar Nasih.

Karena itu ke depan, Nasih mengimbau pemilihan jurusan disesuaikan dengan peringkat sekolah dan meletakkan posisi siswa.

“Misalnya ada sekolah yang urutannya 1000, lalu murid yang ikut SNMPTN rangking 10 di sekolah. Milihnya kedokteran. Apapun tidak akan masuk,” ujar Nasih.

Pendaftaran SNMPTN 2022 telah dibuka Senin (14/2/2022) mulai pukul 15.00 WIB hingga 28 Februari 2022. Pendaftaran SNMPTN 2022 dapat dilakukan melalui laman resmi LTMPT, yakni portal.ltmpt.ac.id dan link snmptn.ltmpt.ac.id.

Tidak semua siswa dapat mendaftar SNMPTN 2022. Hanya siswa yang sudah memenuhi syarat berikut yang dapat mengikuti SNMPTN.

Syarat-syaratnya yakni sudah memiliki akun LTMPT, akun LTMPT sudah dipermanenkan, termasuk salah satu siswa eligible atau masuk dalam kuota pendaftaran SNMPTN, dan ada di dalam daftar Portal Data Sekolah dan Siswa (PDSS).

Mengingatkan kembali, dalam perhelatan ini siswa diperbolehkan memilih dua program studi (prodi) dari satu PTN/politeknik negeri atau dua prodi dari dua PTN/politeknik negeri. Apabila memilih dua prodi, maka salah satu prodi harus berada di PTN/politeknik negeri di provinsi yang sama dengan SMA/MA/SMK asal.

Namun, jika hanya satu prodi yang dipilih, siswa bisa mendaftar ke PTN/politeknik negeri di provinsi mana saja.

Cara Daftar SNMPTN 2022

  • Klik https://snmptn.ltmpt.ac.id/ atau https://portal.ltmpt.ac.id/
  • Log in menggunakan email dan password akun LTMPT ke dua link di atas. Pada portal LTMPT, detikers dapat memilih menu “Masuk” terlebih dahulu.
  • Siswa eligible akan mendapatkan tampilan Halaman Profil berisi biodata, sedangkan siswa yang tidak eligible akan menerima pesan, “Mohon maaf, Anda tidak berhak mengikuti SNMPTN 2022. Silakan mengikuti SBMPTN 2022.”
  • Tekan menu Pilihan untuk menuju ke halaman Pilihan Prodi
  • Klik PTN/politeknik yang diinginkan. Lalu, akan muncul Daftar Prodi SNMPTN 2022 yang bisa dipilih. Jika syarat jurusan tidak dapat dipenuhi, maka prodi tidak akan bisa diklik
  • Pada kolom prodi, lihat apakah disyaratkan mengunggah portofolio. Ketentuan portofolio hingga aturan ukuran file bisa dibaca melalui menu Unduhan di situs LTMPT
  • Setelah memilih prodi, klik Simpan Semua Pilihan yang terletak di kanan atas
  • Selanjutnya akan muncul konfirmasi jika prodi pilihan tidak mensyaratkan portofolio
  • Klik Simpan. Apabila berhasil, akan ditampilkan notifikasi berbunyi, “Berhasil menyimpan pilihan, silakan mengisi portofolio/prestasi.”
  • Apabila sudah melakukan Simpan Pilihan, tetapi ingin ganti prodi ke yang membutuhkan portofolio atau membutuhkan tipe portofolio berbeda, maka akan muncul notifikasi konfirmasi pilihan. Setelah yakin dengan perubahan pilihan, klik Simpan
  • Tekan Pilihan Anda jika ingin cek kembali prodi yang dipilih
  • Unggah portofolio jika disyaratkan
  • Isi prestasi yang pernah dicapai, jika ada. Ketentuan unggahan bukti prestasi dapat dilihat pada menu Unduhan di laman LTMPT
  • Lakukan Finalisasi
  • Setelah finalisasi, data sudah tidak bisa diubah. Selanjutnya, siswa bisa mengunduh dan mencetak kartu registrasi SNMPTN.

Sumber : Detik.com

Komentar